Dinkes Kota Tangerang Lounching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

by May 7, 2017 0 comments

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dinkes

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang melounching gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Tugu Adipura, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (7/5).

Arief R Wismansyah Walikota Tangerang mengatakan, bahwa ini merupakan bagian dari program Tangerang Sehat yang sudah bekerjasama dengan beberapa stakeholder terkait. Apalagi pada tahun ini Pemkot juga mendorong partisipasi RT/RW dan peran masyarakat langsung untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Jadi lounching Germas ini mudah-mudahan akan menjadi gaya hidup masyarakat Kota Tangerang untuk hidup sehat sehingga mengurangi penyakit,” ujar Walikota.

Sementara itu, Lisa Puspadewi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menjelaskan, gerakan masyarakat hidup sehat secara makro salah satunya dapat mengawal kesehatan para ibu hamil dan balita. Kata dia kegiatan Germas ini sebelumnya sudah ada hanya saja tidak ada dalam satu wadah. Seperti pemeriksaan penyakit tidak menular yang setiap pekan berbarengan saat dilakasanakannya acara Car Free Day.

“Gerakan masyarakat hidup sehat ini sejatinya ada tujuh poin, yang pertama yaitu aktifitas fisik, pemeriksaan fisik, makan sayur dan buah, tidak merokok, tidak minum alkohol, adanya lingkungan sehat serta membuang air besar di jamban,” terangnya.

Dari tujuh poin Germas Kota Tangerang lanjut Liza mengatakan, kalau semuanya itu dapat dilaksanakan tentunya kualitas hidup masyarakat akan meningkat karena berdasarkan hasil data kajian adanya peningkatan ekonomi pada masyarakat penyakit menular dalam lingkungan bisa ditekan.

Apalagi Joko Widodo Presiden RI kita berbarengan dengan itu telah mencanangkan gerakan masyarakat yang memiliki ketahanan dalam aspek kesehatan. Salah satunya dengan menggalakan program gerakan masyarakat hidup sehat.

“Memang kegiatan yang diutamakan untuk tahun 2017 kali ini yaitu pemeriksaan fisik, kegiatan olah raga serta makan buah dan sayur. Dan Dinkes akan menkampanyekan tiga program ini secara berkesinambungan,” ungkap Liza.

Dirinya menambahkan, penerapan program Germas disetiap posyandu serta di Puskesmas di Kota Tangerang sejatinya bukan hanya sekarang saja digencarkan. Penerapanya semenjak 1 tahun lalu sudah digencarkan, karenanya pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Tangerang supaya dapat menguatkan ketahanan kesehatan keluarga secara dini. Gerakan ini sangat bagus karena kesehatan juga harus dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing.

“Hidup sehat bisa dimulai dengan cara berolahraga 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur dan kami menganjurkan supaya masyarakat dapat melakukan pemeriksaan fisik secara berkala minimal 6 bulan sekali. Dinkes dalam kegiatan car free day telah memfasilitasi, jadi masyakat bisa memeriksanya secara gratis. Tapi kami juga menyarankan masyarakat supaya datang Puskesmas juga karena kami menyediakan fasilitas tersebut di Puskesmas yang ada di Kota Tangerang tanpa dipungut biaya,” pungkasnya. (advertorial)

Berikan Komentar Anda

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.