Cara Ini Dapat Menghindari Kulit Dehidrasi saat Berpuasa

by May 18, 2017 0 comments

kulit dehidrasi

JAKARTA,PenaMerdeka – Banyak perubahan terjadi ketika menjalankan ibadah puasa, salah satunya yakni berkurangnya kelembapan kulit bisa terjadi saat berpuasa, resikonya kulit dehidrasi karena ada perubahan asupan nutrisi termasuk cairan.

Untuk menghindari hal tersebut, ada satu cara sederhana untuk menghindari kulit kering yaitu mandi tak lebih dari lima menit itu juga disarankan kala tak sedang berpuasa.

“Supaya terhindar dari kulit dehidrasi mandi dua kali sehari, kurang dari lima menit. Semakin lama kulit kontak dengan air, semakin melarutkan lemak menjaga kelembapan sehingga membuat kulit menjadi kering,” ujar Dr. Pandu Pradana spesialis kulit dari Bamed Health Care di Jakarta, Rabu (17/5/2017) kemarin.

Menurutnya, ketika kondisinya dalam keadaan basah setelah mandi sebaiknya aplikasikan pelembap sementara pengaplikasiannya sendiri juga bisa dilakukan setelah mengambil air wudhu.

“Pelembap yang mengandung petroleum jelly, biasanya lengket. Pelembab ini menahan cairan tetap di dalam kulit tidak ideal di iklim kita, kecuali dalam keadaan kering sekali, pecah-pecah. Sebaiknya gunakan lotion agar tidak dehidrasi,” katanya.

Dirinya juga menyarankan agar mengkonsumsi cairan yang cukup saat berbuka puasa dan sahur, yakni 2 liter atau delapan gelas, menjadi upaya penting menjaga kelembapan kulit, serta sebisa mungkin menghindari minuman mengandung kafein.

“Sebaiknya juga hindari kopi, soda dan teh. Kafein menarik cairan dan mineral dari tubuh, menyebabkan kulit dehidrasi,” ungkapnya

Ia juga menambahkan, mengkonsumsi makanan-makanan seperti daging, ikan, sayur dan buah itu juga dapat mencegah kulit menjadi kering. (deden/dbs)

Berikan Komentar Anda

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.