Wagub Pastikan PPDB Online Dindikbud Banten bisa Maksimal

by June 8, 2017 0 comments

ppdb online dindikbud banten

BANTEN,PenaMerdeka – Soal proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Dindikbud Banten yang sebelumnya dikabarkan servernya mengalami down, Pemrov Banten telah bergerak memaksimalkan dari sisa waktu yang ada.

Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy saat mendatangi kantor Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Provinsi Banten mengaku sempat kecewa lantaran persiapan yang dilakukan dalam proses PPDB 2017, Dinas terkait tidak mempersiapkan persoalan teknis secara matang.

Sehingga server yang digunakan lemod tidak dapat diakses calon siswa di tingkat SMA dan SMK Negeri yang ada di Banten. Pembukaan secara online PPDB 2017 sekarang ini yang dimulai pada (5/6/2017) lalu memang langsung ditangani oleh Dindikbub Banten karena pengelolaan Pendidikan Menengah (Dikmen) dikelola oleh Pemprov Banten.

Namun sayangnya secara teknis disebutkan bahwa persoalan proses persiapan dinas terkait belum mempunyai persiapan yang matang.

“Saya dapat arahan dari Pak Gubernur (Wahidin Halim, red) kalau proses PPDB online Dindikbud Banten mengalami kendala karena webnya down sehingga tidak bisa diakses masyarakat. Maka itu saya ke sini mengecek servernya yang memang dikelola Dinas Kominfo,” ujar Wagub Andika kepada sejumlah wartawan di KP3B, Serang, Banten, Rabu (7/6/2017) malam.

Usai sekitar 1 jam memonitor upaya perbaikan yang dilakukan para pekerja IT (Informasi Teknologi) di Dinas Kominfo, Andika yang datang masih mengenakan pakaian kokoh lengkap berpeci tersebut datang sekitar 22:00 WIB .

Saat memonitor Wagub menyatakan, kedatangannya juga karena ingin memonitor secara langsung, supaya mencari solusi downnya server PPDB online Dindikbud Banten kendalanya seperti apa supaya dipastikan bisa digunakan calon siswa.

Karena calon pendaftar siswa sudah banyak yang mengeluhkan persoalan ini.

Saat itu, kepada salah seorang pejabat Dindikbud yang datang menyusul kedatangan Wagub di Dinas Kominfo mempertanyakan tentang tidak dilakukannya antisipasi terkait kemungkinan akan down-nya web PPDB online Dindikbud Banten.

Sebab kata Wagub menegaskan pastinya akan banyak diakses para calon pendaftar.

“Tadi malam setelah menerima kabar dari Pak Gubernur setelah sidak ke Dindikbud menemukan web PPDB down, saya langsung telepon pejabat terkait. Tapi tidak ada satu orang pun yang mengangkat telepon,” ungkap Andika.

Sebelum bertolak pulang, Wagub kepada pers berjanji akan menyelesaikan persoalan tersebut sehingga keesokan harinya (hari ini, red) web PPDB 2017 tingkat SMA/SMK Negeri bisa kembali diakses para calon pendaftar.

“Setelah kita tanyakan dan periksa langsung, ternyata memang ini ada kesalahan teknis. Tapi, kami sudah dapat solusinya, mulai besok web PPDB sudah bisa diakses kembali,” ucap Wagub yang didamping Kepala Inspektorat Provinsi Banten Kusmayadi.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Banten Komari mengatakan, web PPDB online Dindikbud down disebabkan oleh terbatasnya kapasitas server yang dimiliki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Tapi masalahnya sudah selesai, mala mini atas arahan Pak Wagub, Kominfo mengambil alih server tersebut,” ujar Komari. (RA)

Berikan Komentar Anda

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.