Peringati ‘Bulan Bung Karno’, PDI Kota Tangerang Gelar Baksos Ramadhan

by June 19, 2017 0 comments

bulan bung karno

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka -Memperingati Bulan Bung Karno dan Ramadhan, DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang menyelenggarakan Buka Puasa Bersama.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 500 peserta ini mengangkat tema Pancasila Jiwa dan Kepribadian Bangsa ini berlansgung di Gedung KNPI Kota Tangerang.

Nampak hadir dalam acara tersebut unsur pengurus DPC, Fraksi PDI Perjuangan baik dari Pusat, Provinsi maupun Kota, PAC serta jajàran Pengurus Ranting Partai se Kota Tangerang.

Selain menggelar bulan bung Karno, dalam acara tersebut DPC PDI Kota Tangerang melakukan buka puasa dan santunan untuk ratusan anak yatim, pelantikan Pengurus Cabang Baitul Muslimin (BAMUSI), Ceramah Kebangsaan serta Siraman Rohani.

Dalam sambutannya Ananta Wahana PLH Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang mengatakan, rangkaian kegiatan ini menunjukan bahwa PDI Perjuangan dan Islam mempunyai hubungan yang sangat erat.

Santunan adalah perintah Nabi untuk selalu menyayangi anak yatim. Ini sangat baik dilakukan setiap hari. Khusus pada saat Ramadhan dan bulan bung Karno kita pakai sebagai momentum saling berbagi.

Ideologi PDI Perjuangan yaitu Pancasila yang dijiwai oleh semangat kelahirannya. Dalam Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 juga mengajarkan agar kita berjuang memperjuangkan wong cilik yang belum diuntungkan oleh sistem tata kehidupan ini.

“Wong cilik yang masih miskin. Harus kita perjuangkan untuk segera sejajar dengan yang lain.” ucapnya.

Terkat Bamusi kata Ananta harus segera mengambil fungsi dan peran dakwah dalam PDI Perjuangan.

Sementara Sri Hartati dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten menyampaikan apresiasinya atas kegiatan baksos dan bulan Ramadhan saat momen bulan suci Ramadhan.

“4 bulan terakhir ini berbenah dan terus memperbaiki diri dengan membangun citra,” katanya menjelaskan.

Srikandi DPP PDI Perjuangan Eva Sudari dalam ceramah kebangsaan yang berjudul Pancasila Landasan Filosofi mengatakan Pidato 1 Juni 1945 Bung Karno menjelaskan, mengenai konsep gotong royong dalam momen bung Karno yang merupakan faham yang dinamis.

“Lebih dinamis dari kekeluargaan yang menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan diantara setiap elemen anak Bangsa Indonesia apapun latar belakangnya untuk mencapai tujuan bersama,” tandasnya.

Sementara itu kata Agus Setiawan Ketua Komisi I dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangerang menyebut kalau bulan Ramadhan merupakan tempat manusia berihktiar mencari pahala. Organisasi apapun pasti akan melakukan hal sama karena baksos mengantongi nilai nilai Pancasila.

“Dalam Pancasila berbaik kepada sesama dengan bersadaqoh membagi rizki kepada fakir, yatim piatu adalah selain sudah termakna dalam ajaran agama tetapi dalam Pancasila juga mempunyai hirarki seperti itu,” ucapnya menjelaskan.

Artinya kalau kita gamblangkan kegiatan baksos dalam momen suci Ramadhan dan memperingati bulan bung Karno pasti akan indah jika di bulan penuh Barokah ini juga melaksanakan gelar santunan. (uki/dbs)

Berikan Komentar Anda

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.