Kisruh Iklim Membahayakan, Bahaya Untuk Penerbangan

by July 16, 2017 0 comments

perubahan iklim membahayakan penerbangan

JAKARTA,PenaMerdeka – Perubahan iklim membahayakan dapat membuat perjalanan udara lebih bergejolak. Itu dapat kita rasakan saat pesawat berada dalam awan hujan atau ketika landing dan take-off.

Namun, belakangan potensi berdampak lebih drastis dapat saja terjadi. Sebuah studi terbaru terdapat di jurnal “Climatic Change” menerangkan bahwa bagaimana kenaikan suhu udara memengaruhi kemampuan pesawat untuk lepas landas. Dan hasilnya sangat mengkhawatirkan.

Peneliti dari Columbia University, NASA, dan Institut Manajemen Logistik mengadakan penelitian dengan membuat model berdasarkan lima pesawat paling populer. Dan juga 19 bandara utama yang ada di dunia.

“Kami menemukan rata-rata, 10–30% penerbangan tahunan yang berangkat pada saat  iklim membahayakan ini maksimum harian sangat memerlukan pengurangan batas berat di bawah bobot lepas landas maksimumnya. Dengan batasan rata-rata berkisar 0,5% sampai 4% dari total muatan pesawat, sekaligus pada bahan bakar juga pertengahan hingga akhir abad ini,” ujar para peneliti.

Menurut para peneliti, masalahnya ada pada kepadatan udara. Apabila udara hangat, akan terjadi kekurangan padat dan lebih ekspansif dari udara yang lebih dingin. Artinya, untuk lepas landas dalam suhu yang lebih hangat, pesawat terbang dianjurkan berada pada kecepatan yang lebih tinggi.

Seiring dengan meningkatnya suhu udara, maka Bandara harus memiliki landasan pacu yang lebih panjang agar tetap stabil.

Maskapai penerbangan juga harus mulai berinvestasi di infrastruktur untuk memperpanjang landasan pacu pada saat iklim membahayakan ini. Selain itu, hal yang dapat dilakukan, guna mengurangi potensi hal yang tak diinginkan ialah beban berat pesawat harus dikurangi sehingga memaksa maskapai mengurangi jumlah penumpang dan bagasi. (deden/dbs)

Berikan Komentar Anda

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.