Hari Agraria Nasional, WH : Program Reforma Agraria Tekan Kemiskinan Banten

BANTEN,PenaMerdeka – Saat peringatan Hari Agraria Nasional ke 57 yang berlangsung di Kantor Pertanahan Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Gubernur Banten Wahidin Halim, ditunjuk menjadi inspektur upacara, Senin (25/09/2017).

Peringatan pada tahun ini mengusung tema ‘Sertifikat Tanah dan Penataan Tata Ruang untuk Kesejahteraan Rakyat’. Memiliki makna supaya semua jajaran Kementerian BPN, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan para stakeholder serta seluruh lapisan masyarakat bersatu dan berperan aktif.

Dalam acara Hari Agraria Nasional itu Gubernur meminta stakeholder terkait bisa mensukseskan berbagai program strategis nasional di bidang pertanahan dan penataan ruang yang lebih berkualitas.

Gubernur yang kerap disapa WH dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyatakan akan mengawal dan mengimplementasikan semangat untuk menyelesaikan permasalahan agraria.

Disebutkan pria yang juga mantan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI dalam peringatan Hari Agraria Nasional kali ini juga menekankan soal administrasi pertanahan sampai saat ini masih menjadi masalah bangsa.

“Ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah masih terjadi, mengakibatkan masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, sengketa dan konflik tanah serta kerusakan lingkungan,” ujarnya.

WH melanjutkan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan kerap masih terhambat lantaran belum maksimalnya pengaturan masalah pertanahan.

Bahkan kata dia dalam Hari Agraria Nasional adalah momentum bersama menekan konflik pertanahan. Saat ini partisipasi masyarakat dalam sistem keuangan modern terkendala karena terbatasnya jumlah tanah yang sudah terdaftar dan bersertifikat.

“Pembangunan infrastruktur nasional terkadang juga terhambat oleh permasalahan pengadaan tanah,” ujarnya.

Pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah dan penguatan hak masyarakat atas tanah maka itu kata WH Pemerintah telah mencanangkan program reforma agraria.

“Reforma agraria adalah proses berkesinambungan demi kepastian dan perlindungan hukum yang adil. Terutama bidang pertahanan tentunya untuk kemakmuran rakyat Banten dan Indonesia,” ungkapnya.

Hadir pada Hari Agraria Nasional ini Kepala Kanwil ATR/BPN Banten Yusuf Purnama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Banten Suyitno, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Banten Babar Suharso, Kepala Dinas Pertanian Agus Tauchid, para pejabat dan pegawai dilingungan ATR/BPN Banten dan FKPD Banten. (rhn)

Disarankan
Click To Comments