Hari Ini Sidang Isbat Digelar Tentukan 1 Ramadhan

Minggu (5/6) Jadwal dan Hasil sidang isbat 2016 akan digelar untuk menentukan kapan 1 Ramadhan 1437 H. Dalam sidang isbat, Kementrian Agama RI nanti akan menerima laporan perihal hadirnya bulan baru.

Dari beberapa titik wilayah Indonesia yang sudah ditunjuk akan ada petugas yang memantau hilal.

Dalam sidang isbat seperti biasa sejumlah perwakilan ormas Islam Indonesia dan para Dubes negara sahabat diundang oleh panitia. Rencananya sidang dimulai pada pukul 17: 00 WIB, dan dibuka oleh Badan Hisab dan Rukyat Kemenag RI mengenai kedudukan hilal.

Sementara Kepala Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin memastikan pihaknya akan menghadiri sidang isbat atau penentuan awal puasa di Kemenag, sore ini. Rencana, sidang bakal diawali dengan penyampaian informasi hasil penghitungan (hisab) penanggalan hijriah dari masing-masing ormas dan persiapan rukyat atau melihat posisi bulan.

“Sidang isbat nanti sesudah maghrib, di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, sekitar jam lima sore, ada penjelasan terkait informasi hasil hisab dan persiapan rukyat,” ujar Thomas seperti dilansir Okezone, Minggu (5/6).

Sementara LAPAN, lanjut Thomas, telah menyebarkan tim di dua lokasi, yakni di Pasuruan dan Garut. Mereka bakal bekerja untuk melihat posisi bulan guna dilaporkan ke Kemenag. “Lapan bersama Kemenag setempat di Pasuruan dan Garut bersama pengamat hilal setempat,” imbuhnya.

Adapun dari penghitungan astronomi secara umum, Thomas membeberkan sejumlah ormas memiliki hasil yang hampir sama. Mereka mencatat, bahwa 1 Ramadan bakal dimulai pada besok, Senin 6 Juni.

Muhammadiyah misalnya, sudah menghitung dan menghasilkan temuan tersebut. Sementara NU, yang juga memiliki kalender hisab, juga mencatat hasil serupa.

Disarankan
Click To Comments