Delapan Manfaat Push Up Bila Dilakukan Setiap Hari

Delapan Manfaat Push Up Bila Dilakukan Setiap Hari

by August 5, 2016 0 comments

PenaMerdeka – Push up merupakan olahraga yang mudah dilakukan. Dengan push up secara rutin dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Jenis olahraga ini dapat dilakukan dimana saja, baik di ruangan maupun di luar ruangan. Disarankan untuk melakukan push up pada saat setelah bangun tidur dan pada sore hari. Karena manfaat push up  sangat besar sekali. Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh, cobalah untuk melakukan push up yang benar. Anda bisa menanyakan kepada orang yang sering melakukannya dan cobalah untuk minta diajari cara push up yang benar dan aman bagi tubuh.

Berikut 8 manfaat push up bagi kesehatan tubuh

1. Tulang Menjadi Lebih Kuat

Manfaat pertama dari push up adalah dapat membuat tulang menjadi semakin kuat. Karena tulang merupakan bagian yang sangat penting dalam tubuh, jadi Anda harus menjaga kesahatannya.

Pada saat melakukan push up akan memperkuat tulang rawan pada bagian kaki, bahu, lengan, dan pergelangan tangan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki tulang yang kuat maka biasakanlah untuk push up tiap hari.

2. Pembentukan Otot Perut

Apabila push up dilakukan dengan benar maka akan membentuk otot perut Anda. Karena pada saat melakukan gerakan push up tulang belakang akan rata dan stabil, hal itu dapat membuat otot perut menjadi lebih kuat. Dengan melakukan push up yang benar dapat membuat perut menjadi six pack. Tetapi jika push up dilakukan dengan cara yang salah akan mengakibatkan cedera tulang belakang. Oleh karena itu, lakukanlah push up dengan ditemani oleh ahlinya atau Anda bisa melihat video-video push up yang benar.

3. Pembentukan Otot Dada

Dengan mempunyai otot dada yang baik dapat mempengaruhi kepercayaan diri khususnya bagi kaum laki-laki. Dengan melakukan push up secara rutin dapat membentuk otot dada menjadi lebih terisi dan massa otot akan lebih sehat.

4. Otot Bahu Menjadi Lebih Seimbang

Jika Anda menderita kelainan bahu yang tidak seimbang. Cobalah untuk melakukan push up secara teratur tiap hari. Pada saat melakukan gerakan push up, kekuatan otot bahu akan terletak pada bagian bahu atas atau yang biasa disebut dengan otot deltoid. Sehingga bahu akan menjadi lebih seimbang.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Mempunyai postur tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang. Hal itu dapat memberikan kepercayaan diri yang lebih. Oleh karena itu, diharuskan kita untuk selalu berusaha agar mempunyai tubuh yang bagus. Salah satu olahraga yang bisa memperbaiki postur tubuh adalah push up. Dengan melakukan push up secara teratur, tubuh pun akan lebih sehat dan dampaknya postur tubuh akan mengalami perkembangan yang baik.

6. Daya Tahan Tubuh Menjadi Lebih Kuat

Salah satu manfaat push up lainnya yaitu, dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dengan melakukan push up secara rutin, dapat melatih tubuh menjadi lebih kuat. Sehingga penyakit pun tidak mudah menyerang. Karena jika kita jarang berolahraga, tubuh akan terasa lemah dan penyakit pun mudah menyerang. Mempunyai daya tahan tubuh yang baik dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit. Selain itu, dapat menimbulkan kenyamanan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

7. Mencegah Osteoporosis

Seperti telah kita ketahui bahwa push up dapat memperkuat tulang. Sehingga kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Oleh karena itu, marilah dari sekarang kita menjaga tulang supaya tetap sehat. Caranya adalah dengan selalu menyempatkan diri berolahraga tiap hari. Salah satunya yaitu push up. Selain itu, jagalah pola makan Anda, dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

8. Sistem Metabolisme Tubuh Meningkat

Apakah Anda ingin mempunyai metabolisme yang baik ?. Jika ya, mulailah dari sekarang untuk selalu menjalankan hidup sehat. Mempunyai metabolisme yang bagus dapat menjauhkan kita dari masalah kegemukan. Karena pengolahan bahan makanan yang masuk ke tubuh akan diproses secara lancar dan baik. Itu dikarenakan saat melakukan push up sistem otot akan terlatih. Sehingga aliran darah dalam tubuh akan semakin lancar. Dampaknya suplai oksigen dan aliran darah kedalam tubuh menjadi lebih baik dan pastinya dapat membuat sistem metabolisme tubuh meningkat.

Itulah beberapa manfaat push up bagi kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara teratur dan dengan tata cara push up yang benar. Pasti akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Agar hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk mengkombinasikan dengan olahraga lainnya seperti, lari pagi , renang, sit up , atau olahraga yang Anda gemari. Karena manfaat olahraga secara rutin dapat membuat Anda menjadi lebih bugar dan beraktifitas sehari-hari pun dapat dilakukan dengan lebih baik dan lancar. Selain itu, karena olahraga membutuhkan stamina yang banyak, cobalah untuk selalu mengkonsumsi makanan penambah stamina dan bergizi tinggi. (deden)

Berikan Komentar Anda

Tidak ada komentar

Melompat ke kolom komentar

Belum ada komentar!

Anda dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.