Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Teknologi NMT Bikin Google Translate Lebih Akurat dan Natural

0 45

JAKARTA, PenaMerdeka – Google membuat pembaruan mesin penerjemah dengan menggunakan teknologi NMT (Neural Machine Translation) untuk meningkatkan hasil terjemahan. Teknologi baru pada Google Translate ini dibuat lebih akurat dalam mengartikan kalimat sehingga hasilnya lebih natural.

Sejak November 2016 lalu Google sebenarnya sudah memperkenalkan teknologi ini. Engineering Director Google Translate, Macduff Hughes, mengungkapkan teknologi NMT mengusung kecerdasan buatan (artificial intelligence). Sehingga memberikan hasil terjemahan jadi semakin akurat, natural dan mudah dimengerti dibandingkan versi yang lalu.

Melalui video conference di kantor Google Indonesia, Senayan Hughes mengatakan “Kami ingin membuat dua bahasa yang berbeda dapat dimengerti. Sebab dunia ini tidak hanya menggunakan satu bahasa,” ujar Hughes, Jakarta, Kamis (27/4).

Teknologi NMT ini akan langsung memproses kalimat secara keseluruhan, tidak lagi kata per kata. Pengembangan teknologi Google Translate ditujukan untuk semua pengguna Google Translate di Indonesia.

Dengan menggunakan konteks yang lebih luas untuk menemukan hasil terjemahan yang paling relevan dan cepat. Sehingga bahasa percakapan menjadi lebih menyesuaikan dengan tata bahasa. Selain terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia, teknologi NMT sudah diterapkan pada Google Translate di 40 bahasa lainnya.

Untuk mengakses fitur penerjemahan dengan teknologi Neural ini pengguna bisa menggunakannya di penerjemahan otomatis di Google Chrome, desktop dan juga di aplikasi Android atau iOS. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli