HUT RI 76

Presiden Korsel Telepon Jokowi Kasih ‘Resep’ Penanganan Covid-19

PRESIDEN APRESIASI LANGKAH KORSEL

SEOUL,PenaMerdeka – Sebelumnya Pemerintah Korea Selatan (Korsel) telah membantu Indonesia sejumlah alat perlengkapan dini (APD) virus Corona.

Dan ketimbang negara lain, negara oenghasil ginseng itu disebut lebih dahulu berhasil menekan pandemi Virus Corona.

Hasil rilis yang dimuat juru bicara Kepresidenannya, Presiden Korsel Moon Jae-in memberikan sejumlah saran kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan Corona Virus Deases (Covid) 19.

Lewat sambungan telepon, Moon Jae-in menyebut bahwa Indonesia dapat melewati masa-masa sulit penanganan Covid-19.

Pernyataan yang diunggah di akun Instagram kedutaan Korsel untuk RI itu bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi langkan pemerintahan di bawah Moon Jae-In.

“Atas permintaan dari Presiden Joko Widodo, Republik Indonesia, Presiden Moon Jae-in dan Presiden Jokowi telah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon pada 21 April 2020. Pembicaraan tersebut selama 20 menit dari pukul 15.25 sore,” kata Jubir Kang Min-seok dalam keterangannya, Rabu (22/4/2020).

Jokowi juga ingin belajar dari pengalaman Korea tersebut. Presiden Jokowi menyampaikan rasa hormat yang mendalam kepada Republik Korea yang sukses menangani pencegahan penyebaran COVID-19 di dalam negeri.

Beliau juga menyampaikan keinginannya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman Republik Korea tersebut,” ujarnya.

“Sebelum mengakhiri pembicaraan telepon kali ini, Presiden Moon mengutip sebuah peribahasa Indonesia yang berbunyi, ‘Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul’,” pungkasnya.

Sebelumnya, Korea Selatan telah memberikan bantuan alat kesehatan untuk Indonesia. Mulai dari alat tes virus corona, APD, hingga alat penyemprot disinfektan bertenaga listrik senilai Rp8 miliar. (red)

Disarankan
Click To Comments