Pemerintah Cari Alternatif Pemindahan Lokasi Ibukota Indonesia

0 141

rencana pemindahan Ibukota Indonesia

JAKARTA,PenaMerdeka – Sejak lama banyak pihak yang menyodorkan lokasi untuk pemindahan lokasi Ibukota Negara Indonesia dari Jakarta ke suatu daerah. Kini Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang menyinggung lagi tentang kelanjutan proses pemindahan tersebut.

Hanya saja ia menyatakan rencana ini masih dalam studi awal agar mencari alternatif lokasi atau tempat kota lain.

“Masih dalam studi awal dan mencari alternatif. Belum ada yang menemukan kota yang cocok untuk pemindahannya,” kata Sofyan di Istana Kepresidenan, Selasa siang, (4/7).

Rencana pemindahan lokasi Ibukota Indonesia dari Jakarta akan siap berlanjut. Rencana tersebut akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengakui rencana tersebut masih dalam proses berjalan. Ia juga mengatakan untuk detail rencana itu pun sudah di omongkan dengan Presiden Joko Widodo (jokowi). Proses dan skema pendanaan yang kajiannya akan diselesaikan pada tahun ini.

Memang belum banyak detail perihal rencana tersebut. Selain Palangkaraya, Kalimantan Tengah menjadi salah satu lokasi yang di pertimbangkan dan juga menunggu perintah dari Presiden Jokowi.

“Soal pemindahan lokasi Ibu Kota memang keputusan yang administratif. Presiden yang menentukan. Keputusan jangka panjang dan implikasinnya,” tambah Sofyan.

Presiden Jokowi tak mau berkomentar tentang pemindahan lokasi Ibukota ini. Ia hanya menjelaskan pemindahan itu masih berjangka panjang dan nanti pun akan disampaikan jika sudah ada waktunnya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...