Ads Helmi Halim

Jokowi Bagikan 351 Sertifikat Tanah Wakaf Se-Tangerang Raya

0 282

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 351 Sertifikat Tanah Wakaf kepada pengurus masjid dan pondok pesantren se-Tangerang Raya, Banten.

Sertifikat tersebut dibagikan Jokowi usai melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Bani Umar, Graha Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Jokowi mengatakan, pembagian sertifikat tanah wakaf tersebut sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya sengketa lahan.

“Kenapa ini diberikan? Karena setiap saya ke kampung, ke desa, yang namanya sengketa lahan, sengketa tanah itu ada di mana-mana. Bukan hanya urusan tanah hak milik, tetapi juga tanah wakaf,” kata Jokowi, Jumat (22/2/2019).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga bercerita tentang sengketa tanah wakaf yang terjadi di Jakarta dan Sumatera.

Dimana ada salah seorang ahli waris melayangkan gugatan tanah yang sudah lama diwakafkan untuk masjid.

Pada kasus tersebut kata Jokowi, pengurus masjid tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak memiliki sertifikat wakaf.

“Saya ceritakan di Sumatera, enggak usah saya sebutkan provinsinya, masjidnya besar sekali. Separuh sudah sertifikat, separuh belum. Nah yang digugat separuhnya. Ini masih dalam proses kita selesaikan. Karena apa? tidak ada tanda bukti hak hukum atas tanah di mana bangunan itu didirikan. Pas tanahnya masih murah gak ada masalah, begitu harganya naik dalam jumlah yang sangat besar nah ahli waris biasanya tergoda,” ungkapnya.

Jokowi berharap, dengan adanya pembagian 351 sertifikat wakaf ini, sengketa lahan rumah ibadah dan pendidikan bisa diselesaikan.

“Dengan tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki dan jelas, Insya Allah tidak ada masalah di masa masa yang akan datang,” pungkas Jokowi.

Sementara, Muplihani (40) Bendahara DKM Masjid Darrul Fallah, Desa Sukasari, Rajeg, Kabupaten Tangerang,salah satu penerima sertifikat wakaf, mengaku bersyukur.

Sebab menurutnya, usai menerima sertifikat pihaknya sudah tidak lagi merasa cemas soal legalitas masjid di kampungnya.

“Saya sangat bahagia masjid Darrul Falah sudah bersertifikat, ada empat masjid dan satu pesantren di kampung saya juga ikut disertifikatkan hari ini,” tandas Muplihani.(Ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...