Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Jelang KLB PSSI, 645 Personil Polisi Siaga di Ancol

Sebanyak 645 personil anggota Kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya dan jajaran Polres Metro Jakarta Utara mulai bersiaga melakukan sistem pengamanan menjelang dilaksanakannya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta yang berlangsung Rabu (3/8/2016) besok.

Pihak kepolisian berencana melakukan filterisasi dan pengamanan massa di seluruh 6 pintu masuk ke dalam kawasan Ancol Taman Impian yang tersebar di sisi Timur, Barat, Carnaval, Jembatan, maupun area masuk dari jembatan dan Pos Polisi Bintang.

Kabag Ops Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Lilik Tri Bawono, mengatakan pihaknya melakukan pengamanan di kawasan Ancol Taman Impian karena salahsatu destinasi tujuan utama dari para supporter Bondo Nekat (Bonek) adalah Hotel Mercure yang ada di dalam kawasan wisata tersebut.

“Kami sudah menyiapkan sekitar kurang lebih 645 personil dari berbagai satuan Brimob, Jibom, Airud, Sabhara, Polwan Tim Negosiasi, serta 100 diantaranya merupakan gabungan personil dari Polres Metro Jakarta Utara dan jajaran Polsek,” kata Lilik, Selasa (2/8).

Diakuinya bahwa KLB PSSI ini memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, oleh sebab itu kami meminta seluruh jajaran untuk lebih waspada dan aktif dalam memantau kondisi keamanan di kawasan Ancol ini.

Ia memprediksi kemungkinan ada sekitar seribu hingga dua ribu orang dari massa bonek yang berpotensi akan mencoba masuk ke dalam kawasan Ancol Taman Impian, oleh sebab itu ia sudah mendapatkan atensi dari Kapolres Metro Jakarta Utara untuk melakukan pengetatan di akses masuk menuju Ancol.

“Maka dari itu sudah siapkan water canon dan polisi anti huru-hara disekitar kawasan Ancol, ini dimaksudkan untuk mencegah dan mere?dam tindakan anakris yang mungkin dilakukan oleh para anggota bonek ini,” tandasnya.

“Rencananya Kapolres akan mencoba mencegah agar massa tidak berangkat keseluruhan dari Stadion Tugu ke Kantor Menpora atau ke Hotel Mercure, namun memang untuk pergeseran pasukan menunggu atas perintah Kapolres dan minimal ada pasukan satu kompi yang dipersiapkan dalam pengamanan di Stadion Tugu,” lanjut Lilik.

Ia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan satuan keamanan internal dari pengelola kawasan Ancol Taman Impian agar bisa membantu pihak kepolisian dalam melakukan filtering serta penyekatan apabila kerumunan bonek sudah mencoba masuk. (abidin/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan