HUT RI 76

Menko PMK: Peran RT/RW Paling Tahu Soal Masyarakat, Tentukan Akurasi Kebijakan Pusat

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan, para lurah, kepada desa dan ketua RT/RW ialah pemimpin yang paling mengetahui persoalan di masyarakat.

Untuk itu ia mengingatkan pentingnya sinergitas pemerintah, mulai dari tingkat pusat hingga pemimpin tingkat terbawah, dalam penanganan pandemi covid-19.

“Pemimpin tingkat paling bawah, yakni lurah, kepala desa, dan RT/RW adalah yang paling penting dan tahu masalah-masalah yang ada di wilayahnya,” ujar Muhadjir, dikutip dari siaran pers, Rabu (28/7/2021).


Muhadjir menilai, kepemimpinan di tingkat akar rumput tersebut sangat penting. Sebab, berbagai permasalahan muncul di tingkat bawah.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh skema penanganan pandemi Covid-19 terkoordinasi dan tersinkronisasi dari tingkat bawah sampai tingkat pusat. Misalnya, dalam hal data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan penyaluran bantuan sosial.

“Peran pemimpin tingkat bawah menentukan akurasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah,” kata dia.

Muhadjir menekankan, pemimpin di tingkat bawah yang bergerak cepat sangat menentukan kesuksesan penanganan pandemi Covid-19. Hal tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, pemimpin tingkat bawah juga merupakan penentu jalannya kebijakan. Kebijakan pemerintah pusat yang baik dan arahan Presiden yang jelas perlu dipastikan pelaksanaannya di lapangan sesuai.

“Biarpun kebijakan pemerintah itu sudah sangat bagus, arahan Presiden juga sudah sangat jelas. Tetapi apakah kebijakan itu betul-betul dilaksanakan di lapangan itu yang kita ingin pastikan,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments