Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Rakorda Gerindra Banten, Penguatan Program Sampai Grassroot

0 85

Rakorda Gerindra Banten pilkada

BANTEN,PenaMerdeka – Dalam acara Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) DPD Partai Gerindra Banten mengundang sejumlah peneliti dan pakar. Konsolidasi Rakorda Gerindra Banten ini disebutkan untuk menterjemahkan penguatan program partai Gerindra hingga akar rumput alias grassroot.

“Dalam diskusi yang sudah berlangsung (kemarin,red), Partai Gerindra Provinsi Banten melakukan sejumlah evaluasi dan persiapan langkah strategi menuju persiapan Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019,” kata Andra Soni Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang dalam sambutan pertama saat konpress di Hotel Mercure, Alam Sutera, Serpong, Kota Tangsel, Minggu (21/5).

Ada sejumlah pakar dan peneliti yang sengaja kami undang dalam Rakorda Gerindra Banten, salah satunya adalah peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan penyelenggara dari KPU. Mereka memang berkopeten dibidangnya.

Acara ini selain melibatkan DPP tetapi kata Andra panitia juga mengundang semua DPC dan sebanyak 155 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra se-Banten.

Kami mengharapkan supaya kader kami di Banten pasca Rakorda Gerindra Banten ini berlangsung kedepan bisa menjadi penggerak program yang menyentuh kepada masyarakat langsung.

Namun kata anggota DPRD Provinsi Banten ini menegaskan, ada agenda politik lain terutama kader Gerindra bisa bekerja optimal menjelang penyelenggaraan Pilkada di 4 kota kabupaten di Banten. “Mudah mudahan akan lancar menjelang Pilkada serentak yang akan diselenggarakan di 4 kota kabupaten. Begitu juga akan lancar menghadapi Pileg dan Pilpres,” tandas Andra.

Seperti diketahui, di Banten ada 4 daerah yang menyelenggarakan Pilkada secara serentak pada 2018 mendatang, yakni Kota Serang dan Tangerang serta Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak.

Sementara Danang perwakilan DPP Gerindra dalam kesempatan tersebut menyatakan, ada sejumlah evaluasi menjelang perhelatan Pilkada se-Banten. Kemudian kita juga akan mempersiapkan pelaksanaan Pileg dan Pilpres. Maka itu ia mengaku melaksanakan Rakorda Gerindra Banten.

Dalam perhelatan Pilgub Gerindra Banten berpartisipasi langsung mengusung pasangan calon. Ini juga menurutnya akan ada evaluasi menjelang pelaksanaan Pilkada di 4 kota kabupaten di Banten nanti.

“Gerindra mengundang kader di tingkat PAC. Kedepan akan mejadi motor penggerak dalam kesempatan agenda politik Pilkada, Pileg dan Pilpres,” pungkasnya.

Titi Aggraini Direktur Eksekutif Perludem menyebut adanya kegiatan yang dilakukan Partai Gerindra Banten merupakan langkah progresif pemenuhan konsep parpol yang melibatkan akar rumput. Karena dari akar rumput sejatinya program yang menyentuh rakyat bakal terakomodir, karena mereka akan bergerak.

“Kebijakan dari eksekutif (pemerintah) dan dorongan dari legislatif (DPR) serta grassroot (akar rumput) akan membawa kebijakan partai itu sendiri supaya menjadi besar. Model Rakorda Gerindra Banten memang sebaiknya juga dilakukan parpol lain,” katanya menjelaskan.

Partai menurut Titi merupakan yang paling punya potensi menembus akses kekuasaan. Tetapi jika ideologi partai tidak bisa diterjemahhkan kader juga tidak akan berjalan baik. ”Pintu masuk menjadi walikota, bupati, gubernur, DPR hingga Presiden pintu masuknya adalah parpol,” ucapnya.

Dan itu nanti akan bisa menentukan arah kebijakan dari pemerintah dan pusat. Karenanya supaya bisa berkontribusi dalam berbangsa dan bernegara maka tingkat penguatan pada kader terbaik. “Supaya fungsi partai kepada negara serta konstituen bisa berjalan. Karena posisi kader yang mumpuni bisa bekerja untuk masyarakat. Ini harus dicetak dari sekarang,” katanya menjelaskan.

Penguatan posisi partai yang modern adalah tidak bersifat sentralistik. Dari atas sampai bawah harus sejajar dalam menguatkan ideologi partai. Yang menggerakan partai justru datang dari konstituen atau dari paling bawah.

“Rakorda Gerindra Banten saya pikir menuju arah sana,” tandas Titi. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...