Bupati Tangerang Harap SMSI Ciptakan Media Online Profesional

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Lahirnya organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) disambut positif orang nomor satu di Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Zaki menyebut, harapannya media online di bawah SMSI mempunyai nilai pemberitaan yang informatif.

Kata Zaki Iskandar menambahkan saat menerima perwakilan pengurus SMSI Wilayah Banten di ruang kerjanya, pada Rabu (22/11) mengungkap beragam permasalahan pemberitaan yang muncul.

Ia mengaku baik dari media online atau lainnya dalam pemberitaannya kerap tanpa didasari data dan fakta yang benar.

“Terus terang, kami (pemerintah daerah) sering kali dirugikan atas pemberitaan – pemberitaan yang tendensius. Padahal kita sebagai pemerintah daerah sangat terbuka atas informasi apapun yang diminta,”ungkap Zaki.

Zaki pun berharap, kehadiran SMSI dapat membawa satu perubahan positif dalam upaya penataan perusahaan media berbasis internet di Banten, dan Kabupaten Tangerang khususnya.

Sementara itu Ketua SMSI Banten, Edi Junaidi menjelaskan bahwa SMSI saat ini sedang berbenah menata keberadaan perusahaan media online yang berada di Wilayah Banten.

Penataan itu, menurut Edi difokuskan pada keabsahan dokumen legalitas perusahaan pers dan sertifikasi kopetensi yang dimiliki wartawannya.

“Sejak April 2017, kita baru memulai pada tahap verifikasi dokumen legalitas perusahaan pers. Termasuk data sertifikasi kompetensi wartawan yang dimiliki setiap media online,” jelas Edi.

Dalam kesempatan Edi Junaidi juga menjelaskan bahwa setiap berita yang dibuat oleh wartawan harus memenuhi kaidah dan etika jurnalistik. Sehingga bisa dipertanggung jawabkan.

Sebagai informasi, pertemuan para pengurus SMSI Banten dengan Bupati Tangerang, Zaki Iskandar nerupakan rangkaian kegiatan sosialisasi keberadaan media online di bawah SMSI Banten ke seluruh kepala daerah kota/ Kabupaten di wilayah provinsi Banten. (deden)

Disarankan
Click To Comments