Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Didominasi LGBT, Pemkot Bekasi Sebut Penderita virus HIV di Bekasi Meningkat

0 36

BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyebutkan, sebanyak 61% dari 466 penderita virus HIV di Kota Bekasi didominasi oleh kaum penyuka sesama jenis. Peningkatan angka itu terus meningkat dari tahun sebelumnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Sukrawati mengatakan, pada tahun 2017, hampir 60% pengidap penyakit ini merupakan orang-orang gay, alias laki-laki suka dengan laki-laki (LSL). di Bekasi, Rabu (17/1/2018).

Penderita virus HIV di Kota Bekasi itu termasuk tinggi untuk wilayah Jawa Barat. Sejak Januari hingga Oktober tahun 2017. Penanganan di Kota Bekasi, cukup sangat sulit. Jumlahnya makin banyak, sehingga penanganan lebih diintensifkan lagi,” katanya di Bekasi.

Dezi menegaskan, pelaku LGBT khususnya perilaku penyuka syahwat sesama lelaki memberikan potensi paling tinggi penyebaran virus ini. Pihaknya saat ini sedang intensif melakukan upaya pencegahan dan penyembuhan para penderita virus hiv ini yang terus meningkat setiap tahunya.

Sehingga, Dinas Kesehatan selalu memberikan upaya strategi pencegahan dengan ‘ABCD’. Strategi ‘ABCD’ yang ditujukan kepada para pasangan itu terdiri atas ‘A’ yang berarti abstinancy, atau tak melakukan hubungan seksual di luar pernikahan.

Bila memang ‘A’ tidak dicegah, maka upaya berikutnya adalah ‘B’. ‘B’ atau ‘Be Faithful’ adalah konsep rasa saling percaya dan saling setia agar tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak orang, atau berganti-ganti pasangan.

Sementara, ‘C’ adalah Condom (alat kontrasepsi). Bila kedua hal itu tidak bisa lagi dilakukan, maka Dinkes menganjurkan untuk pemakaian pengaman.

“Bukan berarti kita memperbolehkan kondom, namun itu hanya merupakan kelanjutan pencegahan sampaikan dari ‘A’ dan ‘B’,” ungkapnya.

Dezi menjelaskan, upaya selanjutnya adalah ‘D’ yakni (no) drugs, dan yang kelima adalah ‘E’ yakni education. Pihaknya sudah menegaskan edukasi merupakan upaya paling akhir yang dapat dilakukan sebagai pencegahan penyebaran dan meningkatnya penderita virus HIV itu. (ers/ewy)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...