Bupati Zaki Bantah Soal 25 Anak Penderita Gizi Buruk di Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar membantah soal adanya penderita gizi buruk di Kronjo, Kabupaten Tangerang. Bupati menyebut 25 anak yang sedang ramai diberitakan hanya kekurangan gizi.

Dikatakan Zaki, dirinya sengaja melihat langsung kondisi anak-anak yang bersangkutan sehingga tidak menimbulkan simpang siur seperti yang diberitakan selama ini.

“Kondisi anak-anak ini kini sudah dalam pengawasan Puskesmas serta Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang, bukan gizi buruk seperti yang ramai diberitakan,” terangnya kepada wartawan, Minggu (28/1/2018).

Dia melanjutkan, perlu kita cermati terkait pengertian kekurangan gizi hingga tidak menimbulkan salah persepsi lain dalam pemberitaan.

Lebih dalam ia mengatakan, pihaknya berniat menyampaikan hak jawab kepada media-media yang telah mengabarkan bahwa ada 25 anak tersebut.

“Perlu kehati-hatian dalam penyampaian informasi terkait perberitaan kondisi kesehatan, hingga informasi yang disampaikan tidak meyesatkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Kronjo, Rasidi menegaskan ini bukan kasus gizi buruk akan tetapi kekurangan gizi.

Kurang Gizi ini sudah ditangani dengan baik, dengan memberikan vitamin, suplemen, asupan gizi kepada anak-anak, yang terdiri dari 25 anak sekarang tinggal ada 4 anak yang masih dalam pengawasan dan harus ditangani secara khusus, dikarenakan memiliki kelainan seperti retardasi mental, down syndrome, dan hidrosefalus.

“Ini bukan gizi buruk, kami sudah intervensi kepada Posyandu dan para kader agar terus intens memeriksa dan menimbang berat badan balita dari usia 0 sampai 5 tahun. Sebab agar bisa mendeteksi sejak dini dan langsung ditangani secara khusus bila terdapat anak yang memiliki kurang gizi atau kelainan,” tandas Rasidi. (sarinan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah