Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Tim Penilai PKK Kota Tangerang Sambangi PKK Larangan Selatan

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Tim penilai Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tangerang menyambangi Tim Hatinya kelompok PKK di RW 04, Kelurahan Larangan Selatan, Kota Tangerang.

Kunjangan yang dipimpin langsung oleh PLT Ketua PKK Kota Tangerang, Hely Wati itu, untuk mendorong warga agar bisa menjalani 10 program yang ada dalam unsur pokok PKK.

“Tujuannya untuk memberi motifasi kepada warga Larangan, untuk mengubah pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” terang Hely Waty, Plt Ketua PKK Kota Tangerang, Rabu (21/2/2018) lalu.

Dia melanjutkan adanya penilaian 10 program hatinya PKK, bisa mempola hidupnya secara seimbang dengan 10 indikator tersebut.

“Seperti persalinan dibantu tenaga kesehatan, memberi ASI eksklusif kepada bayi, menimbang bayi dan balita secara berkala, selalu mengunakan air bersih, cuci tangan dengan air bersih dan sabun, mengunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah,” jelasnya.

Sementara ketua pembina kader PKK Kecamatan Larangan, Sukaesih mengatakan, penilaian hatinya PPK cukup baik.

Sebab nantinya bukan saja saat Tim Penilai PKK Kota Tangerang datang lantas berbenah. Tetapi kedepan masyarakat dapat merubah pola yang tidak cuek dengan kebersihan.

“Alhamdulillah warga disini sangat kompak dalam menjaga kebersihan, bekat dorongan Pak RT dan RW juga Pak Lurah, warga disini tanpa diperintah sudah mau merubah pola hidupnya sendiri,” terang Sukaisih.

Dia melanjutkan, penghijauan di wilayah Kelurahan Larangan masih butuh penambahan, sebab penghijauan tersebut tidak harus dengan pohon hias, tanaman obat keluarga (toga) juga perlu untuk penghijauan. Selain itu toga juga masuk dalam program hatinya PKK.

“Selain bisa untuk penghijauan, toga di Kelurangan Larangan Selatan sudah menghasilkan prodak minuman yang berkhasiat, seperti kunyit asam,” ungkap Sukaisih.

Lebih dalam ia mengatakan, dari hasil penjualan minuman kunyit asam bisa menambah penghasilan keluarga di lingkungan RW 04, Kelurahan Larangan Selatan.

“Program yang disampaikan PKK Kota Tangerang adalah selain menggalakan menanam tanaman jenis obat-obatan tetapi cabai bawang juga ditanam,” ujarnya.

Efek positif dari hal itu bisa mengurangi pengeluaran belanja dan yang penting bisa meningkatkan tarap ekonomi warga.

Masih di lokasi yang sama, ketua pembina PKK Kelurahan Larangan Selatan, Wiwit Haripah menerangkan, prodak kunyit asam sudah sejak lama ada, namun pembuatan lebel dan botolnya baru beberapa bulan lalu.

“Kunyit asam merupakan hasil dari toga Kelurahan Larangan Selatan, maka 100 rumah di lingkungan RW 04 memiliki tanaman kunyit untuk bahan dasarnya,” terang Wiwit.

Dia menambahkan, kami memang mengikuti arahan dari PKK Kota Tangerang. Contohnya soal pendalam manfaat kunyit asam yang ternyata sangat banyak khasiatnya.

Khususnya kata dia bagi wanita, seperti mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dan yang lebih utama diet.

“Untuk pemasarannya baru di sekitaran Larangan saja, maka saya berharap penjualanya bisa lebih luas bahkan bisa sampai luar daerah, agar bisa menambah perekonomian warga Larangan Selatan,” tandas Wiwit. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan