Tingkatkan Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Panwaslu Kabupaten Bogor Gandeng Media

KABUPATEN BOGOR,PenaMerdeka – Guna melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor, Panwaslu Kabupaten Bogor menggelar pertemuan dengan awak media.

Berlangsung di aula meeting room Krakatau M-One Hotel Cibinong, pada Selasa (12/6/2018) lalu. Nampak hadir ketua Panwaslu, Koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga, Koordinator divisi hukum dan penindakan pelanggaran, kepala sekertaris panwaslu Kabupaten Boger dan Yus Fitriadi peneliti senior Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) sebagai narasumber.

Yus Fitriadi menegaskan, dalam pelaksanaan pesta demokrasi, seperti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor dibutuhkan sinergitas antara Stakeholder peserta pemilih yang terdiri dari, Pemilih, KPU, Bawaslu dan DKPP, Media masa, pemantau dan pengamat, DPRD, Pemerintah, Penegak Hukum dan Institusi Khusus.

“Uniknya pemilihan di Indonesia dengan pemilih di luar negeri tidak ada pengawas, hanya di Indonesia yang ada pengawas, sebab itu adalah bentuk ketidak percayaan masyarakat,” terang Yus Fitriadi, Selasa (12/6/2018).

“Fragmatisme sudah menjadi budaya, sementara kecerdasan pemilih masih jauh dari harapan, sebab cerdas harus ada pendidikan bagai mana mau cerdas jika tidak ada pendidikan,” tambahnya.

Sementara Ridwan Arufin, Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor mengatakan, penyebaran informasi terkait Pilkada 2018, khususnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, merupakan peranan media dalam penyampaiannya kepada masyarakat.

“Kami sangat menyadari kekurangan sumberdaya manusia untuk mengawasi jalannya pilkada 2018, dengan tenaga yang hanya 17 orang untuk 40 kecamatan di kabupaten Bogor, maka peran media sangat penting dalam proses jalannya demokrasi yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang,” terang Ridwan.

Ridwan melanjutkan, diharapkan dengan peran serta media masyarakat bisa lebih cerdas dalam memilih sehingga proses Pilkada 2018.

“Semoga dapat berlangsung aman, lancar dan sukses dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor sesuai dengan harapan kita semua,” tandas Ridwan berharap. (zaenudin)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah