Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bawaslu Kota Tangerang: 5175 Data Pemilih Ganda Pemilu 2019 Harus Dihapus

113

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang temukan data pemilih ganda untuk Pemilu 2019. Dan data ganda itu menurut Bawaslu harus dihapus.

Dari total 1.061.880 Daftar Pemilih Tetap (DPT), terdapat 5.175 data yang diduga ganda dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang.

Agus Muslim, Ketua Bawaslu Kota Tangerang mengatakan, data pemilih ganda untuk Pemilu 2019 ditemukan pada saat menganalisa DPT yang yang diberikan KPU Kota Tangerang kepada Bawaslu untuk diteruskan kepada Bawaslu pusat melalui Provinsi.

Atas dasar diundurnya penetapan DPT secara nasional selama sepuluh hari, Bawaslu Kota Tangerang kembali melakukan kajian ulang pada DPT yang ada di Kota Tangerang melalui tiga elemen validasi.

“Dari tiga elemen validasi yang kami lakukan, yaitu melalui kesamaan nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir, kami temukan 5175 data yang diduga ganda,” kata Agus kepada penamerdeka.com di kantornya Jalan Kisamaun No. 24, Rabu (12/9/2018).

Agus menuturkan, Bawaslu telah melakukan rekomendasi kepada KPU Kota Tangerang untuk melakukan pencermatan pada data pemilih ganda yang ditemukan.

“Sejak kemarin dan hari ini kawan-kawan KPU sedang melakukan rapat koordinasi penyampaian hasil pencermatan yang masih berjalan sampai besok, Kamis (13/9/2018),” tuturnya.

Lebih dalam Agus menjelaskan, hasil rapat koordinasi pencermatan yang dilakukan KPU, dari 5.175 data ganda yang ada, KPU Kota Tangerang baru mendapatkan invalid dari data Bawaslu, lebih kurang sebanyak 2170 yang sudah tercermati yang memang ganda.

Agus melanjutkan, untuk rapat koordinasi pencermatan data Oleh KPU Kota Tangerang yang sedang berlangsung ini, masih ada satu kecamatan yaitu Kecamatan Larangan yang belum memberikan data pemilih, dikarenakan masih berjalannya validasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Larangan.

“Besok siang kita masih akan melanjutkan rakor ini, sampai ketemu titik akhir data yang terkoreksi dari jumlah yang disampaikan Bawaslu sebanyak 5.175 data ganda, sampai besok itu berapa. Saya minta dalam forum, agar KPU melakukan pertemuan lagi dengan Bawaslu dan pimpinan parpol untuk mengetahui berapa jumlah data yang sesungguhnya diduga invalid.”

“Insyaallah besok kita hadir lagi dalam rapat koordinasi, untuk mengetahui jumlah hasil akhir yang sudah terkoreksi oleh KPU,” jelasnya.

Agus menegaskan, untuk data pemilih yang dinyatakan ganda oleh KPU, data tersebut harus dihapus dari DPT.

“Nanti pasti akan ada pengurangan dari total DPT 1.061.880, karena data pemilih ganda yang ditemukan itu harus bersih, harus dihapus dari DPT,” tandasnya. (ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...