Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemprov DKI Lantik 1.400 Relawan Siaga Banjir Jakarta

0 12

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merekrut 1.400 relawan siaga banjir. Ribuan relawan itu akan bertugas memonitoring titik-titik banjir di Ibu Kota.

“Ya,1.400 relawan warga, tetapi ada yang ketua RT, ketua RW, LMK, kemudian ada dari FKDM. Mereka pegiat masyarakat kemudian dijaring lewat Biro Tapem untuk menjadi pemberi kabar yang kredibel,” terang Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, Senin (12/11/2018).

Anies menjelaskan, memasuki musim hujan saat ini pihaknya sudah melakukan antisipasi dan mengintruksikan beberapa langkah kepada jajarannya. Salah satunya melantik relawan siaga banjir.

Di antaranya normalisasi drainase, mensiagakan 450 pompa, rekayasa lalu lintas di tempat yang rawan banjir, menggiatkan sosialisasi di tempat pemukiman yang berpotensi terdampak, serta persiapan logistik dan penyalurannya.

“Penanggulangan dilakukan berdasarkan laporan dari warga yang belum tentu bisa diverifikasi kebenarannya. Hal itu juga menjadi keluhan yang disampaikan petugas di Jakarta Smart City, dimana banyak menerima laporan tetapi tidak valid,” kata Anies.

Untuk itu, Anies meminta kepada Biro Tata Pemerintahan (Tapem) menjaring relawan yang sudah terverifikasi di seluruh wilayah Jakarta.

Artinya, ketika dia mengirim laporan, laporan itu tak perlu dicek ulang lagi. Karena dia sudah mempunyai pengetahuan informasi cara menyampaikan yang akurat, sehingga petugas dapat merespons lebih cepat.

“Selama ini kami menerima laporan banjir itu harus kami verifikasi terlebih dahulu, ini problem tersendiri. Karena bagaimana mungkin kita menerima laporan kan, kita tak tahu validitas laporan itu,” tandasanya.

Selain itu relawan siaga banjir, Anies juga bakal membangun sumur resapan dipemukiman yang padat penduduk dan perkantoran. Anies berjanji akan mengumumkan proses pembangunan sumur resapan pada akhir bulan ini. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...