Gerindra Ads

Anggapan Penggelembungan Suara Muncul Saat Rekapitulasi, Ini Komen Bawaslu

0 369

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Banyak Calon Legislatif (Caleg) merasa khawatir proses rekapitulasi di tingkat kecamatan potensi penggelembungan suara oleh oknum yang menguntungkan salah satu peserta pemilu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang ketika dikonfirmasi bakal mengawasi ketat proses berlangsungnya rekapitulasi di tingkat Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK).

Agus Muslim, Ketua Bawaslu Kota Tangerang mengatakan, pihaknya juga sudah menyebar petugas pengawas di masing-masing kecamatan untuk melakukan pengawasan.

“Kita sudah turunkan petugas di setiap kecamatan. Tapi semestinya tidak hanya kami, bentuk pengawasan masyarakat juga harus ada,” ucap Agus kepada pepenamerdeka.com saat ditemui di kantornya, Senin (22/4/2019).

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada para saksi untuk betul-betul memahami SOP tugas sesuai yang telah dimandatkan peserta pemilu.

“Jangan sekedar datang tapi tidak memahami semua prosesnya, itu yang terpenting,” tegas Agus.

“Kalau ada persoalan, bisa disampaikan di hari itu juga, mari kita selesaikan secara bersama untuk menemukan titik terangnya,” ungkapnya.

Pihaknya kata Agus bakal memastikan supaya tidak adanya suara siluman. Jika ditemukan proses penggelembungan maka pihaknya bakal melakukan kajian dan menindaklanjuti temuan pelanggaran.

“Ya, kita harus pastikan jangan sampai ada hal yg demikian (temuan pelanggaran,red). Selama bisa diperbaiki, kita akan maksimal dorong untuk diperbaiki dulu mas. Tapi intinya penyelenggara harus netral,” tambahnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...