Tok! Dewan Kota Tangsel Baru Ditetapkan, Periode 2014-2019 Kedaluwarsa Kebut Pelantikan

0 347

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menetapkan anggota DPRD hasil Pemilu 2019. Prosesi penetapan sempat tertunda lantaran adanya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) sejumlah calon dewan Kota Tangsel periode 2019-2024.

Menurut Acmad Mudjahid Zein Komisioner KPU Kota Tangsel, setelah dilakukan penetapan maka anggota DPRD hasil Pemilu 2019 akan dilakukan pelantikan.

“Berdasarkan surat keputusan (SK) dewan yang sebelumnya (periode 2014-2019) itu sampai 4 Agustus 2019, kami (KPU) pasca penetapan segera menyerahkan nama-nama dewan Kota Tangsel yang akan dilantik,” kata pria yang kerap dipanggil Zein kepada wartawan usai acara penetapan perolehan kursi partai politik dan anggota dewan terpilih di Hotel Santika, Bintaro, Kota Tangsel, Senin (12/8/2019).

Dia melanjutkan sebanyak 50 anggota DPRD Kota Tangsel yang sudah ditetapkan hari ini segera dibawa Walikota. Setelah itu akan segera disodorkan juga kepada Gubernur Banten.

“Kami sudah sampaikan ke Bu Walikota dan nanti bakal diterima oleh Asda 1 dahulu,” tukasnya.

Terkait prosesnya, nanti akan ada di tingkat walikota dan gubernur. Tugas KPU untuk proses pemilu sudah selesai sampai di tahapan penetapan.

Kata Zein, berbeda dengan proses jika sebelum ditetapkan sebagai anggota DPRD, maka kalau ada proses pergantian dewan maka akan ada tahapan pergantian antar waktu (PAW). Tetapi hingga selesai prosesi partai politik peserta Pemilu di Kota Tangsel tidak mengajukan.

“Ya kalau ada yang meninggal dunia, mengundurkan diri, dipecat partai maka itu proses PAW seperti yang diatur dalam Peraturan KPU,” pungkasnya. (rd/sg)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...