PKS Nilai Pilkada Tidak Langsung Potensi Lahirkan Oligarki Politik

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) , Sohibul Iman secara tegas menolak usulan pilkada tidak langsung. Baginya, pemilihan ini berpotensi melahirkan oligarki politik.

“Kemungkinan oligarki semakin berkuasa itu sangat luar biasa. Semakin memudahkan mereka untuk kemudian mengelola oligarki ini,” kata Sohibul di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sohibul mengtakan, sebaiknya pemilihan kepala daerah menggunakan cara-cara yang demokratis, yakni dengan pilkada langsung. Kepala daerah berintegritas, kata Sohibul, lahir dari pilkada langsung.

“Karena itu, kami berpendapat bahwa pemilihan langsung itu masih lebih baik. Kalau dipilih oleh rakyat, orang-orang yang berintegritas masih punya peluang untuk masuk dalam sirkulasi kekuasaan. Tentu kita harapkan banyak orang berintegritas masuk kekuasaan,” paparnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengusulkan evaluasi terhadap pilkada langsung. Menurut Tito, pilkada langsung menghabiskan banyak ongkos politik pemicu tindakan korupsi.

“Untuk jadi bupati kalau enggak punya Rp 30 miliar, enggak berani. Gubernur lebih lagi. Kalau ada orang yang mengatakan enggak bayar, nol persen, saya pengin ketemu orangnya,” kata Tito, Senin (18/11/2019) kemarin. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...