HGN ads Bekasi

Pengamat Sebut Pemilihan Presiden Oleh MPR Bentuk Pengkhianatan Reformasi

0 218

JAKARTA,PenaMerdeka – Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan kemunculan wacana pemilihan presiden oleh MPR sebagai bentuk pengkhianatan reformasi. Menurutnya, semangat reformasi yang diperjuangan saat Orde Baru adalah pemilihan presiden secara langsung.

“Perubahan ini bukan sesuatu yang ujuk-ujuk terjadi,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu di Jakarta, Jumat (29/11/2019) kemarin.

Ia menceritakan bagaimana perjuangan meruntuhkam rezim otoriter Orde Baru. Kala itu, MPR hanya menjadi alat kekuasaan rezim yang antikritik.

“Perjuangan panjang kaum intelektual dan dukungan dari masyarakat luas. Dan berbagai kelompok kepentingan akhirnya menumbangkan rezim otoriter beserta perangkat pendukungnya,” ungkapnya.

Pangi juga menyinggung perihal alasan pemilihan presiden lewat MPR. Manurutnya, hal itu jangan dijadikan dasar logika untuk menghapus pemilu langsung.

“Jika persoalan politik berbiaya tinggi, politik uang dan keterbelahan publik yang melahirkan konflik menjadi argumen utama untuk menghapus pemilu langsung maka solusinya bukan serta-merta mengganti sistem,” imbuhnya. (Jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE