Pemerintah Dibolehkan Lagi Gelar Konser Musik, Seni dan Budaya

KAPASITAS MAKSIMAL 25 PERSEN

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemerintah sudah memperbolehkan kembali menggelar kegiatan konser musik, seni dan budaya. Namun, pelaksanaan kegiatan itu hanya diperkenankan dengan kapasitas maksimal 25 persen.

“Diperkenankan (pelaksanaan konser musik) dengan prokes (protokol kesehatan) yang ketat. Dan lihat zonasi dari tiap-tiap daerah,” ujar Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri, Syafrizal, Jumat (19/3/2021).

Syafrizal mengatakan, untuk zonasi mana saja yang boleh menggelar konser musik, akan ditentukan lebih lanjut oleh kepala daerah.

Adapun dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, kegiatan seni dan budaya tidak diperkenankan dalam pelaksanaan PPKM mikro.

Pelaksanaan PPKM mikro akan diperpanjang kembali mulai tanggal 23 Maret hingga 5 April 2021.

Menurut Syafrizal, pelonggaran ini dilakukan agar para pekerja seni bisa membiasakan diri dengan adaptasi kebiasaan baru. “Selain memperlonggar ketentuan orang untuk kegiatan seni budaya, pemerintah memperluas daerah yang melaksanakan PPKM mikro,” katanya.

Syafrizal menuturkan, ada lima provinsi tambahan yang melaksanakan aturan tersebut. Yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

“Lima daerah itu telah memasuki salah satu kriteria indikator pelaksanaan PPKM,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments