Pemkab Bekasi ads HPN 2020

PKS Tak Keberatan Jika Ambang Batas Parlemen 5 Persen

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak keberatan jika ambang batas parlemen atau parliamentary threshold menjadi 5 persen. PKS menilai angka 5 persen masih dalam taraf wajar.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini mengatakan bahwa jika ambang batas terlalu tinggi maka banyak suara rakyat yang terbuang. Untuk itu, PKS setuju jika ambang batas naik menjadi 5 persen.

“Kalau PKS setuju lima persen karena itu ada kenaikan yang gradual. Kemarin itu 4 persen, saya kira kalau kenaikan 4,5 persen, 5 persen itu wajar saja ya naikknya. Tapi, kalau terlalu tinggi nanti masalah, suara rakyat yang mubazir kan,” kata Jazuli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1).

Meski begitu, Jazuli tidak sepakat dengan sistem proporsional tertutup. Baginya, sistem proporsional tertutup tidak mencerminkan semangat demokrasi. Maka dia lebih sepakat jika menerapkan sistem proporsional terbuka.

“Dengan proporsional terbuka kan suara terbanyak yang menang, bukan urutannya. Itu yang jauh lebih bagus kalau bicara demokrasi. Itu yang lebih mencerminkan representasi demokrasi,” katanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...