Pakai Dana Desa, Kampung Cipanas Serang Bangun Madrasah Diniyah

0

SERANG,PenaMerdeka – Melalui Dana Desa yang di berikan oleh Pemerintah Pusat, kepada setiap Daerah di Indonesia. Membawakan kecerian bagi masyarakat Kampung Cipanas, Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Pasalnya, pada hari Selasa 21 Januari 2020. Masyarakat di Kampung Cipanas memiliki sebuah Sekolah Diniyah, atau bisa dikenal dengan sebutan Madrasah Islamiah.

Pada kesempatan itupun, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah yang di dampingin oleh Kepala Desa Pasauran, Agus Jafar, berserta Kepala Desa Pemberdaya Masyarakat Desa (DPMP),  Rudi Suhartono.

Ia mengatakan, bahwa mengapresiasi kepada Kepala Desa Pasauran, yang telah membangun Sekolah Diniyah melalui dana desa. Inipun, kata dia, patut di contoh oleh desa lainya, karena pendidikan merupakan skala prioritas.

“Bahkan, saya saja selalu memperhatikan pendidikan di Kabupaten Serang. Mulai dari Diniyah, Sanawiyah, Sekolah Formal maupun Paud dan TK,” ungkap Tatu Chasanah seusai meresmikan bangunan gedung Madrasah Islamiah, di Kampung Cipanas, Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Selasa(21/1/2020).

Kemudian, tak lupa, Tatu juga berpesan, pendidikan diniyah sangat efektif, karena untuk membentuk sebuah karakter anak. Supaya menjadi sopan santun, dan bertatakrama.

“Saya kira, kegiatan inipun (Pembangunan Madrasah, Red) bisa di tiru oleh desa-desa lainnya,” jelas Tatu.

Sementara itu, Kepala Desa Pasauran, Agus Jafar menambahkan, dalam pembangunan Madrasah Islamiah itupun, dilakukan secara swadayah. Walaupun memang, lahan yang di gunakan memakai lahan masyarakat.

Tetapi, kata Agus, lahan tersebut dihibahkan, untuk pembangunan Madrasah Islamiah. Pembangunan inipun, dimulai semenjak bulan Maret 2019.

“Sumber dana memakai Dana Desa, dan pembangunan Madrasah berjalan selama satu kurang dua bulan. Pada hari ini, diresmikan serta bisa di pakai untuk proses belajar mengajar,” kata Agus kepada awak media.

Di tempat sama, Kepala Dinas DPMP,  Rudi Suhartono mengakui, pembangunan Madrasah Islamiah sudah sangatlah tepat sasaran. Dikarenakan, sambungnya, fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada 2020, berada di ranah pendidikan.

“Ini sudah sangat tepat sekali, karena kita sedang fokus di ranah pendidikan,” singkatnya. (Aden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...