Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Pemerintah Diminta Tidak Fokus Urus Kepulangan WNI Eks ISIS

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan kepada pemerintah agar tidak terlalu fokus terhadap WNI eks ISIS. Sebaiknya, kata dia, pemerintah fokus kepada penanganan virus corona.

“Sekarang menurut saya, harus lebih banyak berkonsultasi bagaimana mencegah virus Corona yang sudah merebak di mana-mana,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Menurut Dasco, WNI eks ISIS tersebut perlu diidentifikasi terlebih dahulu. Untuk itu, ia menyarankan pemerintah agar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk memulangkan mereka.

“Kita tahu biasanya yang direkrut itu bukan cuma kepala keluarga termasuk keluarganya juga biasanya sudah direkrut dan juga kemudian mengalami pelatihan-pelatihan yang kita juga harus mengkaji lebih dalam,” ujarnya.

Di sisi lain Dasco menegaskan bahwa warga negara yang berperang di negara lain bukan lagi WNI. Maka pemerintah harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita masih mengacu pada UU Nomor 12/2006. Di Pasal 23, disebutkan jelas soal warga negara yang kemudian berperang dengan di tempat lain di negara lain,” jelasnya. (irur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...