Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Pilpres Masih Lama, ‘Gosip Banjir Jakarta Laku Keras’

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Sejak awal tahun wilayah DKI Jakarta sudah terkena musibah banjir. Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta jadi bidikan lawan politik. Gosip banjir Jakarta dikabarkan selalu ditujukan bukan saja kepada Anies, tetapi kinerja pendahulunya juga dinilai sejumlah pihak.

Meski musibah musim penghujan ini juga melanda sejumlah wilayah Indonesia lainnya. Sah-sah saja kalau kepala daerah di Ibu Kota DKI Jakarta memang disebut Gubernur Indonesia?

Pasalnya, wilayah di Jawa Timur bahkan kota Surabaya, dan terakhir Jawa Barat, termasuk kota kembang Bandung mengalami hal serupa.

Sejumlah pihak menyebut hajatan menggadang Anies Baswedan di Pilpres masih terlalu jauh. Gosip kinerja banjir memang dianggap menjadi tolak ukur kinerja.

Baru-baru ini, survei dari Indo Barometer menyebutkan, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi pemimpin daerah paling berhasil mengatasi permasalahan banjir.

Berikut ini hasil survei Gubernur Jakarta paling berhasil mengatasi masalah banjir menurut Indo Barometer:

1. Basuki Tjahaja Purnama (42%)
2. Joko Widodo (25%)
3. Anies Baswedan (4,1%).

Dalam Survei Indo Barometer, mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinilai sebagai pemimpin daerah paling berhasil mengatasi banjir Jakarta.

Sementara Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini sebagai Presiden RI menempati peringkat di bawah Ahok dan Anies Baswedan berada di urutan ketiga.

“Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, Minggu (16/2/2020).

Sementara Wali Kota Bogor, Bima Arya, menyebut persoalan banjir ibu kota tidak sepenuhnya berada di pundak gubernur DKI Jakarta.

“Menurut saya poin seperti ini sudah jadi politik. Kita harus lihat ini fenomena lintas wilayah, yang bertanggung jawab banyak,” ujar Bima Arya di Ksatria Arya Wira Room, Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Lebih dalam kata Bima, masalah banjir di ibu kota bukan tanggung jawab Anies Baswedan yang sekarang menjabat Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, banyak pihak yang harus turun tangan untuk memberikan solusi terkait persoalan banjir.

“Menurut saya bukan urusan personal leadership, bukan. Banjir ini collective. Ada peran ketua DPR disitu, Bupati Bogor disitu, ada Walikota Bogor disitu, ada forum Jabodetabek disitu. Menurut saya, bukan tanggung jawab Gubernur DKI Jakarta sendiri,” kata Bima Arya.

Menurut Survei, Ahok Ungguli Jokowi dan Anies dalam Atasi Banjir
Bima mengatakan banjirnya Jakarta dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya faktor hujan di hulu.

“Kita kalau Bogor hujan terus 8 jam nonstop di Katulampa siaga 2 kita agak stress karena Jakarta akan terendam. Jadi penyebabnya banyak bisa di hulu deras atau di Jakarta deras, atau bisa juga di Jakarta drainasenya mati,” tutur Bima. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...