Rano-Embay ke MK, KPU Banten Siapkan Materi Gugatan

KOTA SERANG,PenaMerdeka – Sebagai pihak tergugat (termohon) dalam perkara Pilkada Banten yang dilayangkan pasangan nomor urut 2 Rano Karno-Embay Mulya Syarief di Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah mempersiapkan materi-materi gugatan MK.

Agus Supriyatna, Ketua KPU Banten dalam acara rapat koordinasi di Hotel Le Dian, Kota Serang, Jumat (3/3/2017) siang mengatakan, pihaknya telah mendapatkan arahan dari KPU Pusat. Bahwa pihaknya harus mempersiapkan materi gugatan untuk menghadapi sidang di MK.

Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Menghadapi Gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2017 tersebut menurut Agus, KPU Banten sudah mengidentifikasi sejumlah masalah dan jawaban yang akan dibuat dan persiapan penyusunan alat bukti atau materi gugatan tersebut.

“Misal, terkait dengan masalah pleno di kabupaten dan kota, terkait di Kota Tangerang, di Kabupaten Serang dan daerah lainnya,” kata Agus diwawancara usai rapat koordinasi.

Lebih jauh ia menyebutkan terkait persiapan materi jawaban di MK nanti sudah dikumpulkan, namun pihaknya masih menunggu secara resmi terkait materi gugatan yang akan disampaikan oleh pemohon (pasangan Rano-Embay).

Dalam Peraturan MK Nomor 3 Tahun 2016, KPU Banten baru mendapat permohonan pemohon dari majelis hakim MK melalui KPU Pusat pada 13 Maret 2017 nanti.

“Jadi sekarang ini KPU Banten mempersiapkan saja sesuai itruksi KPU RI, tapi yang pasti seluruh tahapan yang akan menjadi materi gugatan MK kita siapkan, mulai dari TPS, PPS, PPK sampai di kabupaten/kota yang ada di Banten. Misal, ada saksi yang walkout, PSU di 14 TPS di Kabupaten Tangerang, PSU di empat TPS di Kota Tangerang, kita identifikasi masalah yang menurut kami akan jadi potensi gugatan,” terangnya.

Selain dengan persoalan yang disebutkan diatas kata Agus materi-materi yang sedang disiapkan di antaranya mulai dari formulir C1 , model DA2, model DB di kabupaten kota dan model DC di tingkat provinsi, agar permasalahannya bisa teridentifikasi.

“Kita hanya mempersiapkan materi-materinya saja, Karena sesungguhnya, kita juga belum tahu yang digugat apa.” tandasnya. (afed)

Disarankan
Click To Comments