HUT RI 76

DKI Jakarta Ajukan Dua Rumah Sakit Rujukan Untuk Virus Corona

JAKARTA,PenaMerdeka – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengajukan penambahan rumah sakit rujukan virus corona kepada pemerintah pusat. Dinkes mengajukan sebanyak dua rumah sakit tambahan.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti menjelaskan, penambahan rumah sakit itu masih menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Jika disetujui, maka akan menjadi pelengkap tiga rumah sakit rujukan yang sudah ada.

“Di DKI Jakarta awalnya tiga (rumah sakit). Kami berproses untuk penambahan RS rujukan lagi. Tentunya sesuai assesment dan hasil skala prioritas yang ditetapkan kemenkes,” katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (4/3).

Ada dua rumah saki yang diusulkan oleh Dinkes. Pertama adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dan kedua adalah RSUD Cengkareng.

“Tiga rumah sakit rujukan yang pertama letaknya di utara, timur, dan pusat. Ini dua yang lain adalah yang kita usulkan di wilayah barat, yakni Cengkareng dan wilayah selatan di Pasar Minggu,” ungkapnya.

Menurutnya, rumah sakit rujukan virus corona harus memiliki fasilitas lengkap. Tak hanya itu, rumah sakit juga mesti sesuai dengan standard WHO dan Kemenkes.

“Tentu kami sesuai standard protap. Semua sesuai dengan buku pedoman yang ditetapkan Kemenkes, kita harus ikuti protap itu,” jelasnya. (rur)

Disarankan
Click To Comments