Kanwil Kemenkumham Banten Klaim Bakal Rutin Razia Lapas

ANTISIPASI MARAK PENYELUNDUPAN NARKOBA LAPAS BANTEN

BANTEN,PenaMerdeka – Kanwil Kemenkumham Banten mengklaim tidak mentolelir adanya modus penyelundupan narkoba di dalam Lembaga Pemasyarakatan Banten. Pasalnya, diberitakan sebelumnya bahwa pengungkapan kasus narkoba kerap terjadi dalam Lapas.

“Pencegahan narkoba sudah komitmen dari pimpinan. Di bulan ini, kemarin sudah ada deklarasi bahwa tidak mentolerir adanya narkoba,” ucap Kabid Pelayanan dan Tahanan dan Pengamanan Kanwil Kemenkumham Prov Banten Irwan Rahmat Gumilar saat ditemui penamerdeka.com di Kantornya, Kamis (20/8/2020).

Ia mengaku pihaknya bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Polda Banten.

“Jadi kita dalam memerangi narkoba ini tidak sendiri. Kita bersinergi dengan pibak-pihak terkait,” katanya.

Ia menambahkan, karena komitmen tersebut merupakan komitmen pimpinan, maka pihak di bawahnya harus mengikutinya.

“Pak menteri sering bilang bahwa banyak pegawai yang sudah dikenakan sanksi bahkan pemecatan. Jadi tidak ada istilah main-main,” tambahnya.

Kemudian, sambungnya, akses ke dalam Lapas sudah lebih diperketat, seperti penggeledahan dipintu masuk. Selain itu pihaknya selalu menggelar razia di lapas dan pembinaan.

“Sudah ada ketentuannya, jadi razia sudah ditargetkan dalam sebulan 2 kali untuk Kanwil ke UPT atau lapas-nya, tapi untuk di UPT-nya semingu sekali. Konsentrasi di UPT yang padat, tapi tetap semua juga dalam pengawasan dan diadakan razia rutin,” pungkasnya. (dra)

Disarankan
Click To Comments