Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Ombudsman Minta Polda Metro Buka Call Centre untuk Keluarga Pendemo Ditahan

BANTU KELUARGANYA

JAKARTA,PenaMerdeka – Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya meminta Polda Metro Jaya untuk membuka layanan call center. Hal itu untuk membatu para orangtua yang kehilangan anaknya saat unjuk rasa tolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020) kemarin.

“Kami mendorong Polda Metro Jaya juga membuka layanan call center untuk membantu keluarga yang anggota keluarganya belum kembali,” ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P. Nugroho, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Teguh, pelayanan itu untuk memudahkan para orangtua mengetahui keberadaan anaknya. “Untuk memastikan apakah mereka termasuk dalam rombongan yang diamankan dan dilidik oleh Polda Metro Jaya atau tidak,” katanya.

Diketahui, Polda Metro Jaya masih melakukan penahanan sekitar 200 dari 1000 orang yang diamankan. Sebanyak 200 orang yang tengah didalami keterangannya itu terindikasi melakukan pelanggaran hukum dalam penyampaian pendapat.

Ombudsman, lanjut Teguh bakal memantau penanganan proses penyelidikan terhadap 200 orang itu. “Untuk yang tahap lidik yang kami pantau adalah penanganan pada proses lidiknya. Terutama hak untuk didampingi oleh kuasa hukum,” kata Teguh.

Ombudsman juga meminta kepada polisi untuk cepat memberikan informasi kepada keluarga yang ditahan melalui ponsel mereka yang disita.

Sejauh ini penyitaan ponsel mereka untuk kebetuhan pemeriksaan dan penyelidikan terkait keberadaan di tengah unjuk rasa tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja.

“Namun sebaiknya Polda Metro Jaya dapat memberikan izin kepada mereka untuk mengontak orangtua sebelum menahan ponsel mereka,” ucap Teguh.

Namun, di luar itu penanganan polisi terhadap sejumlah orang yang ditahan dinilai cukup baik. Salah satunya melalukan rapid test untuk mencegah penularan Covid-19 yang kian masif.

“Di luar itu cukup baik dan tidak terjadi kekerasan selama prosesnya. Mereka melakukan test rapid, memberikan fasilitas makanan cukup baik,” tutupnya. (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...