BKSDA Bogor Ungkap 43 Buaya Dilepas di Sungai Cisadane Hoax

TAK ADA PENANGKARAN

BOGOR,PenaMerdeka – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Bogor mengungkapkan, kabar 43 buaya yang dilepas di Sungai Cisadane, Tangerang adalah hoax. Sebab, Bogor tidak mempunyai penangkaran buaya.

“Informasinya itu Hoaks, yang menyatakan bahwa di sebuah penangkaran buaya di Bogor. Karena di Bogor itu tidak ada penangkaran buaya,” ujar Penyidik Kehutanan BKSDA Wilayah Bogor, Sudrajat, Rabu (4/11/2020) kemarin.

Namun, Sudrajat juga belum mengetahui adanya penangkaran buaya ilegal di Bogor. Sebab, selama dirinya bertugas di Bogor tidak ada penangkaran buaya baik yang berizin atau tidak sekalipun.

“Nggak tahu kalau pelihara tanpa izin ya. Tapi nggak ada saya sudah cek, soalnya yang resmi itu juga tidak ada di Bogor mah, selama saya di Bogor,” katanya.

Sudrajat menjelaskan, untuk buaya yang berada di Bogor terbaru ini yakni di kawasan Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Itu pun sudah ditangkap warga dan diserahkan ke BKSDA.

“Itu cuma satu saja, itu bukan dari penangkaran (Buaya di Rumpin), itu kita duga dari pemeliharaan orang udah bosan dibuang ke galian pasir, itu ditemukannya kan bukan di kali. Tapi di galian pasir yang sudah tidak aktif lagi,” jelasnya.

“Intinya, penangkaran buaya di Bogor itu tidak ada, kalau yang beredar itu kan di Tangerang, kalau Tangerang masuknya ke DKI Jakarta atau BKSDA DKI. Sekali lagi saya nyatakan, di Bogor itu tidak ada buaya, ada juga buaya darat,” lanjutnya.

Ketika ditanya adanya video yang beredar buaya dilepas oleh warga, Sudrajat menambahkan, pihaknya sudah berkordinasi dengan anggota wilayah Serang, Banten dan menyatakan informasi itu tidak benar.

“Saya cari informasi ke Serang juga tidak ada, karena Serang itu masuk Bogor, itu nggak ada, saya sudah cek ke Serang. Itu ada kemungkinan masuk ke Tangerang, itu pasti di DKI, cek aja di BKSDA DKI,” jelasnya. (ew)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...