HUT RI 76

Pemprov Banten Kucurkan Bantuan Ponpes Rp161,68 Miliar

PENGELOLAAN DISERAHKAN MASING-MASING

SERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengucurkan bantuan sebesar Rp161,68 miliar untuk 4.042 untuk pondok pesantren (ponpes) yang ada di tanah jawara tersebut.

Penyerahan itu dalam Rapat Kerja II Pengurus Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten Masa Khidmat 2020-2025 di Gedung Negara Provinsi Banten, Jalan Brigjen KH Syam’un No.2, Kota Serang, Selasa (19/1/2021).

Gubernur Banten, Wahidin Halim menyebutkan, untuk pengelolaan bantuan itu diserahkan ke masing-masing pondok pesantren sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat untuk peningkatan ekonomi pondok pesantren.

“Saya terbantu dengan pondok pesantren. Bentuk apresiasi saya, adalah memberikan bantuan semacam insentif. Terima kasih kepada para kyai yang telah membangun pendidikan agama dan pencerahan ke masyarakat,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Tangerang itu mengatakan, para kyai sejak dulu membangun pondok pesantren secara swadaya hingga menjadi besar. Peran dari ponpes ini dinilai strategis sebagai mitra pemerintah daerah dalam pembinaan umat.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Banten emberikan bantuan operasional FSPP Provinsi Banten sebesar Rp500 juta.

“Dinamika masyarakat Banten tidak terlepas dari peran ulama, tokoh masyarakat, dan pondok pesantren, bersama-sama pemerintah daerah menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif,” katanya.

Wahidin menjelaskan, berbagai capaian pembangunan serta apresiasi dan anugerah atas capaian pembangunan Provinsi Banten. Setelah revitalisasi kawasan Banten Lama, Pemerintah Provinsi Banten akan merevitalisasi kawasan wisata religi Batu Qur’an.

“Selain itu Makam Syekh Mansyurudin di Cikaduen serta Kawasan Peziarahan Makam Syekh Asnawi Caringin di Labuan. Juga akan membangun Islamic Center, tempat para kyai bisa bertemu,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Presidium FSPP Provinsi Banten, KH. Anang Azhari menuturkan, penyaluran bantuan pondok pesantren berdasarkan database FSPP kabupaten/kota yang sudah diverifikasi ke lapangan.

“Sejak Wahidin Halim menjabat, kami sudah mendapatkan bantuan tiga kali. Dari Rp20 juta, naik menjadi Rp30 juta, dan tahun ini naik lagi menjadi Rp.40 juta. Terima kasih kepada bapak Gubernur Banten dan Bapak Wakil Gubernur yang memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pondok pesantren,” jelasnya. (red)

Disarankan
Click To Comments