HUT RI 76

Demokrat dan PKS Bertemu, Ini yang Jadi Pembahasannya

JAKARTA,PenaMerdeka – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu melakukan pertemuan Kamis (22/4/2021). Persoalan masa depan demokrasi di Indonesia serta penegakan hukum menjadi pembahasan.

AHY mengatakan, masa depan demokrasi menjadi tantangan karena sejumlah lembaga internasional memotret demokrasi di Indonesia berada pada posisi yang tidak baik.

“Ada yang mengatakan kita saat ini berada di titik yang tidak baik. Bahkan dalam 14 tahun terakhir ini, demokrasi di Indonesia dianggap di angka yang paling bawah, dan ini semua menjadi tantangan buat kita,” ujarnya dalam keterangan tertulis, yang diterima Jumat pagi.

AHY berharap, kondisi pandemi Covid-19 tidak serta-merta menutup ruang demokrasi yang sehat. “Kita berharap justru demokrasi bisa kita tegakkan karena ini juga menjadi pilar utama bagi keberlangsungan dan masa depan bangsa kita,” katanya.

Sementara itu, Syaikhu mengungkapkan, pertemuan itu juga membahas soal perlunya penegakan hukum agar berpihak kepada kebenaran dan keadilan. Ia menekankan, setiap orang yang melanggar hukum harus mendapatkan perlakuan yang adil.

“Siapa pun yang melakukan pelanggaran hukum, itu tentu harus mendapatkan perlakuan yang adil, sehingga masyarakat akan melihat bahwa dalam proses penegakkan hukum adil,” kata Syaikhu.

Syaikhu menambahkan, kedua partai juga sama-sama mengutuk keras terjadinya berbagai tindak radikalisme, terorisme, dan separatisme di Indonesia.

Selain topik-topik di atas, pertemuan antara AHY dan Syaikhu juga membahas isu penanganan pandemi Covid-19 serta resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19. (jirur)

Disarankan
Click To Comments