HUT RI 76

Gagas Vaksinasi Massal, Jokowi Minta Pemda Lain Jejaki Pemprov Banten

BANTEN,PenaMerdeka – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Stadion Sport Center, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (9/6/2021).

Selain didampingi gubernur, presiden dalam pemantauan vaksinasi massal juga ditemani Menteri Kesehatan dan Bupati Tangerang.

Pelaksanaan vaksinasi covid massal ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemkab Tangerang dan Kementerian Kesehatan serta melibatkan pihak Astra Group.

Vaksinasi massal menargetkan sebanyak 10 ribu masyarakat khusus untuk wilayah Tangerang Raya.

Presiden Jokowi mengatakan, proses pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Tangerang yang dilakukan terhadap 10 ribu masyarakat umum baik lansia, pra lansia, tenaga pendidik dan kategori lainnya berjalan dengan manajemen yang rapi dan baik.

“Kita ingin proses vaksinasi seperti di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten ini dalam jumlah banyak dilakukan juga di provinsi lain oleh Kabupaten/Kota lain, sehingga kecepatan kita mengejar 700ribu perhari untuk bulan juni dan 1 juta perhari untuk vaksinasi ini bisa terkejar” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang membantu terlaksananya vaksinasi massal di Kabupaten Tangerang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Gubernur Banten dan Bupati Tangerang serta Menteri Kesehatan, atas upaya terus menerus yang dilakukan, dan kita harapkan ini dapat melindungi kita semuanya dari penyebaran covid” tutup Presiden.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ari Pramudji Hastuti menyatakan, vaksinasi Covid-19 massal menyasar penduduk lanjut usia (lansia), tenaga pendidik dan kependidikan, serta petugas pelayanan publik yang memang mendesak untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Jadi hari ini sebanyak 5 ribu orang yang divaksinasi. Besok, Rabu (9/6), sebanyak 5 ribu orang lagi yang akan divaksinasi. Jadi selama dua hari sasarannya sebanyak 10 ribu warga,” ujarnya, Selasa (8/6/2021) kemarin.

Masih menurut Ati, Pemprov Banten melibatkan TNI/Polri membuka gerai-gerai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam rangka percepatan pencapaian cakupan vaksinasi.

Dia melanjutkan, nantinya akan terus dilakukan secara bertahap agar semua warga Banten akan mendapat vaksinasi Covid-19.

“Kami tentu berharap, dari 12 juta jiwa penduduk Banten akan tervaksinasi sebanyak 8 juta penduduk atau sekitar 70 persen. Namun, karena vaksinasinya bertahap, maka akan terus kita lakukan sesuai jumlah vaksin yang datang,” tuturnya.

Dikatakan, di luar Tangerang Raya, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Pandeglang adalah wilayah paling banyak divaksinasi.

Sementara untuk Kota Serang dan Kabupaten Serang saat ini sedang dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum.

Sebagai informasi, hingga 7 Juni 2021 data Dinas Kesehatan Provinsi Banten menunjukkan, untuk pemberian dosis pertama vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 498.818 orang.

Dengan rincian: SDM Tenaga Kesehatan sebanyak 54.438 orang, Petugas Pelayanan Publik sebanyak 333.045 orang, Penduduk Lansia sebanyak 108.896 orang, serta Masyarakat Rentan sebanyak 2.439 orang.

Sedangkan untuk pemberian vaksinasi Covid-19 dosis kedua sudah mencapai 372.962 orang.

Dengan rincian: SDM Tenaga Kesehatan sebanyak 48.335 orang, Petugas Pelayanan Publik sebanyak 243.510 orang, serta Penduduk Lansia sebanyak 81.117 orang.

Untuk vaksinasi Covid-19 Gotong Royong hingga 7 Juni 2021, pada dosis pertama telah mencapai 13.698 orang. Dengan rincian Kabupaten Tangerang sebanyak 2.158 orang, Kota Tangerang sebanyak 11.284 orang, serta Kota Tangerang Selatan sebanyak 256 orang. (red)

Disarankan
Click To Comments