HUT RI 76

Yuk Intip! Begini Tips Agar Dompet Tak Boncos Kala Harbolnas 11.11

JAKARTA,PenaMerdeka – Hari pesta belanja daring atau yang dikenal dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) jatuh pada Kamis (11/11/2021) besok. Tentu jika Anda yang tidak ingin ketinggalan diskon bersiap membidik barang idaman.

Kendati diskon besar-besaran 11.11 menggiurkan, namun hati-hati dengan kemungkinan dompet boncos.

Perencana Keuangan One Shild Consulting Agustina Fitria menyebut ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan dalam mengantisipasi pembelian berlebihan pada Harbolnas. Berikut daftarnya.

1. Cek anggaran

Agustina mengungkapkan langkah antisipasi pertama yang mesti dilakukan adalah mengecek anggaran keuangan Anda dulu. Dengan mengetahui anggaran, Anda bisa mengestimasi berapa besar dana yang alokasikan untuk belanja.

Kalau tak dianggarkan dari sekarang, jangan heran kalau nanti uang yang keluar dari rekening jauh di atas perkiraan Anda. Apalagi membeli di era digital hanya tinggal klik saja tanpa harus susah payah mondar-mandir secara fisik.

2. Utamakan kebutuhan daripada keinginan

Langkah efektif kedua dalam mengerem pengeluaran, lanjut Agustina, adalah dengan mengutamakan kebutuhan Anda dari pada keinginan.

Misal, jika Anda punya pengeluaran rutin biaya sekolah anak dan kebutuhan lainnya yang tidak bisa dinegosiasi, maka selalu utamakan kebutuhan di atas keinginan.

Jangan sampai senang belanja sesaat malah membuat pusing di kemudian hari karena pos kebutuhan sudah habis dipakai belanja hal-hal yang tidak mendesak.

3. Cerdas berbelanja
Jeli dan cerdas dalam berbelanja, kata Agustina, bisa jadi jalan tengah agar bisa mendapatkan barang yang diinginkan, namun juga tak mengorbankan dompet.

Agustina mencontohkan Anda mesti melakukan perbandingan ke beberapa penjual/toko online sebelum melakukan pembayaran agar mendapatkan deal terbaik.

Selain itu, ia mengingatkan untuk turut mengecek biaya-biaya tambahan, seperti asuransi, ongkir, dan lain-lain.

Dalam hal Anda membidik beberapa barang sekaligus, ia menyarankan untuk mencari dari satu toko saja agar hemat ongkir dan efisien dalam meminimalkan sampah kemasan.

4. Jangan Berutang

Agustina dengan tegas melarang untuk mengambil utang dalam berbagai bentuk guna, dari kartu kredit, paylater, dan lainnya untuk memuaskan dahaga belanja atau membeli produk konsumsi yang tidak produktif.

Apalagi, lanjutnya, untuk barang-barang yang tak punya daya tahan lama dan cepat rusak. (uki)

Click To Comments