230 Penjual BBM Eceran Disiapkan untuk Isi Bensin di Tengah Macet Mudik

HINGGA ARUS BALIK

JAKARTA,PenaMerdeka – PT. Pertamina mempersiapkan sejumlah skenario dalam rangka pelaksanaan mudik Hari Raya Idulfitri 2022. Salah satunya adalah menyediakan 230 unit yang akan berkeliling untuk menjual bahan bakar minyak (BBM) selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, penjual BBM eceran ini akan menggunakan kendaraan bermotor yang telah dipersiapkan Pertamina dan berkeliling ke kendaraan yang terjebak kemacetan baik di tol mau pun luar tol.

“Kami juga menyiapkan SPBU Temporary yang ditempatkan di rest area yang belum ada SPBU dan di lokasi titik kemacetan untuk mengurai antrian. Serta ada 50 unit dan 149 unit truk BBM untuk menambah distribusi dan suplai yang ada,” kata Nicke dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (15/4/2022).

Untuk tahun ini, lanjut Nicke pemerintah telah memprediksi sebanyak 85,5 juta masyarakat akan ikut mudik lebaran. Dari total tersebut sebanyak 61,8 persen akan menggunakan mobil pribadi, motor dan bus, dan yang lainnya akan menggunakan angkutan laut dan udara.

Di sisi lain, Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot E. Pramono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan terpadu dan gerai vaksinasi di titik keramaian dan kerawanan untuk mengantisipasi mudik lebaran setelah 2 tahun ditiadakan.

Pihaknya juga menurunkan 144.392 personil dan melakukan cipta kondisi sebelum dan sesudah operasi ketupat terhadap gangguan keamanan yang mungkin muncul selama mudik digelar.

Ada pun dalam mengantisipasi kemacetan lalin, pihaknya akan melakukan rekayasa manajemen lalin dengan contra flow dan one way maupun ganjil genap yang disesuaikan dengan situasi di lapangan.

“Di samping kita juga memindahkan jalur utama ke alternatif untuk menghindari kemacetan,” tambahnya. (uki)

Disarankan
Click To Comments