Menhub Minta Masyarakat Mudik Jarak Jauh Tak Pakai Motor

POTENSI KECELAKAAN TINGGI

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta agar masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor. Sebab, dengan itu sangat melelahkan yang berpotensi mengalami kecelakaan di perjalanan menjadi lebih tinggi.

“Satu hal yang harus kita perhatikan, bahwa perjalanan darat ini melelahkan apalagi menggunakan motor. Oleh karenanya secara pribadi, dengan segala kerendahan hati, seyogyanya kalau mudik jangan pake motor,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Budi menyarankan masyarakat untuk mudik dengan transportasi umum terlebih, pemerintah pun telah menyediakan mudik gratis. Masyarakat bisa mendaftar dan tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi saat menuju kampung halaman.

“Ada tiga hal yang terus kami siapkan. Satu busnya cukup banyak, kedua supir dan kendaraan sehat, ketiga bus gratis dan angkutan gratis untuk motor-motor masyarakat,” tuturnya.

Budi mengatakan, angkutan gratis untuk kendaraan roda dua tersebut tidak hanya disediakan bagi penumpang bus umum saja. Melainkan juga bagi penumpang kereta api dan angkutan laut.

“Kita mencarikan jalan yang paling baik agar mudiknya aman, nyaman, dan sehat itu berjalan dengan baik,” kata dia.

Dia pun menyarankan masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 lebih awal guna menghindari risiko kemacetan lalu lintas.

Menurut dia, lebih baik mulai mudik 25 atau 27 April 2022 mendatang. Dengan begitu, bisa meminimalisir kemacetan saat puncak arus mudik lebaran yang diprediksi pada 28 dan 29 April mendatang.

“Hari-hari itu adalah puncak mudik, dan dikhawatirkan walaupun kita melakukan rekayasa lalu lintas, itu tetap sangat mengkhawatirkan,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments