Ketika Menhub Curhat ‘Diteror’ Jokowi Setiap Hari Selama Arus Mudik Lebaran 2024

KEPALA NEGARA BERI CATATAN KHUSUS

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi bercerita atau curhat selama masa mudik Lebaran periode 1445 Hijiryah atau 2024 Masehi. Ia mengaku selalu ‘diteror’ sang Presiden Joko Widodo (Jokowi) setiap harinya.

Bukan tanpa sebab, Kepala Negara ingin terus mengecek bagaimana kondisi di lapangan saat mudik. Jokowi juga memberi semangat kepada Kemenhub dan stakeholder terkait dalam mengamankan gelaran mudik.

“Saya bisa katakan ini suatu keberhasilan, berhasil kita semua. Tidak lain juga karena kepemimpinan Presiden (Jokowi) yang dari ke hari memantau,” ucapnya dalam Penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024 di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

“Tentu beliau tahu persis apa yang terjadi di lapangan, tapi memberikan semangat, dari hari ke hari kami ditelepon. Sehingga, komunikasi dua arah antara kami semua dengan Bapak Presiden (Jokowi) berlangsung baik, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden (Jokowi), karena itu kami bisa mengawal dan berkolaborasi apa yang menjadi tugas kita bersama,” tambahnya.

Budi mengatakan, kolaborasi Kemenhub, Polri, dan kementerian/lembaga (K/L) terkait tak hanya sebatas Pulau Jawa, tetapi juga mencakup Aceh hingga Papua. Disebutkannya, pengamanan mudik dan balik pada setiap momen Lebaran merupakan amanat negara.

“Dan saat akhir saya juga sudah laporkan kepada Bapak Presiden (Jokowi) bahwa kami sudah menjalankan kegiatan ini, beliau menyampaikan apresiasi. Dari awal, dari hari ke hari, (Presiden Jokowi) memberikan catatan dan ingin mendapatkan informasi secara detail,” tutur Budi.

Budi juga menyebutkan, Presiden Jokowi memberikan catatan khusus dalam masa mudik Idulfitri 1445 H. Kepala Negara menyoroti kemacetan yang masih cukup panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Budi menambahkan, catatan tersebut bakal menjadi evaluasi untuk mudik tahun-tahun berikutnya. Catatan lainnya dari Jokowi soal kemacetan di sejumlah ruas tol pada saat mudik. (rur)

Disarankan
Click To Comments