Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ribuan Home Industri di Tangsel Belum Kantongi Izin Edar

0

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel mencatat ada 1.000 industri rumah tangga (Home Industri) belum punya izin edar. Padahal menurut UU Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, perusahaan wajib memiliki kelengkapan tersebut.

Kabid Industri Disperindag Kota Tangsel Ferry Payacun mengatakan, perusahaan yang tidak punya izin edar kebanyakan menengah ke bawah. Artinya dilihat dari kemampuan finansial tidak begitu bagus.

”Ini yang terus kita dorong agar ada kesadaran pengusaha untuk melengkapi peraturan berlaku. Meski perusahaan tersebut dari finansialnya tidak begitu bagus,” katanya, saat ditemui acara Sosialisasi Pelaporan Produksi Industri, di Serpong, Selasa (4/10) kemarin.

Kata Ferry, selain mendorong kesadaran, sosialisasi juga kian diintensifkan. Ia mengaku informasi mengenai aturan main tersebut masih kurang. Belum lagi persoalan banyaknya industri rumahan yang kian tumbuh.

”Ini jadi pembelajaran buat kita karena banyak perusahaan olahan kecil dan menengah belum memenuhi aturan,”ujarnya.

Kata dia, pentingnya memenuhi izin edar, selain kewajiban. Juga untuk mengetahui perkembangan industri perusahaan di Kota Tangsel. Pertumbuhan ekonomi Tangsel sebesar 8,99. Sebanyak 14 persen penyumbang pertumbuhan ekonomi dari sektor industri olahan.

”Makanya kita wajibkan industri di bawah Rp200 juta melaporkan hasil produksi satu kali dalam setahun. Sedangkan untuk industri di atas Rp200 juta, dua kali setahun,” ujarnya.

Keuntungannya, sambung Ferry, Disperindag bisa mengetahui industri tersebut memiliki ijin atau belum. Salah satunya, seperti kasus produk bebiluck. Belum memiliki ijin, namun telah dijual dipasaran.

”Kita akan fasilitasi, untuk bisa mendapatkan ijin. Sehingga produknya menjadi legal dan tidak melanggar UU Nomor 8 tentang perlindungan konsumen,” terangnya.

Sementara, Kasat Intel Polres Tangsel, AKP Gun Gun Gunadi mengatakan, pihaknya akan menindak makanan olahan yang ilegal. ”Makanya, para pelaku industri, harus memiliki ijin supaya tidak bersentuhan dengan hukum,” ujarnya. (herman)

PDAM Tirta Benteng
Baca Berita Lainnya

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

ultricies Praesent pulvinar mattis Aenean felis id, quis, in