Bisnis Kuliner, Menjanjikan Dan Modal Kecil

Kebiasaan makan di luar rumah yang banyak dilakukan masyarakat perkotaan sebenarnya bisa dibidik sebagai sebuah peluang untuk bisnis kuliner dari rumah. Dengan berjualan aneka jenis masakan asli Indonesia menggunakan konsep makanan cepat saji dan pemasaran online cukup populer di kalangan generasi era informasi.

Yaa .. banyak kisah sukses dari para pelaku bisnis kuliner yang sebelumnya harus melalui masa sulit terlebih dahulu dan juga mengalami jatuh bangun. Bahkan tidak sedikit dari mereka mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan hingga dikejar penagih hutang akibat dari tunggakan pinjaman.

Ketika hendak membangun sebuah bisnis, terkadang ada juga yang melakukannya dengan nekad. Dalam bisnis dibutuhkan perencanaan baik karena bila hanya mengandalkan keberuntungan niscaya banyak kesulitan untuk meraih sukses dengan mudah.

Gaya hidup sehat memang telah menjadi pilihan banyak orang, tidak hanya terkait olahraga akan tetapi juga berkaitan dengan asupan nutrisi yang tepat dan baik untuk kondisi kesehatan. Kondisi ini kemudian memunculkan ide dan peluang usaha membuat makanan sehat yang enak.

Beragam bisnis kuliner laksana jamur saat musim penghujan, tumbuh dan terus berkembang di setiap daerah.  Kemudian menjadi bisnis yang mengikuti peningkatan jumlah wisatawan mancanegara maupun domestik. Oleh-oleh berupa makanan  selalu menarik siapa saja yang datang berkunjung ke suatu daerah, dengan bermacam bentuk, keunikan  kemasannya serta sudah barang tentu rasanya

Menurut sebuah survei Bank Indonesia November 2015 mengenai perilaku wisatawan asing . Dari pola wisman yang berkunjung ke Indonesia tahun 2015 sebanyak 14.8% belanja, 18.53% kuliner atau makan minum, 26.69% akomodasi dan 39.98% memhabiskan uang  untuk biaya transportasi dan lainnya.

Di Banten banyak didapatkan makanan khas yang dapat dijadikan bisnis misalnya sate bandeng, makanan khas daerah Serang ini salah satu kuliner yang wajib untuk dinikmati saat berkunjung ke daerah serang.

Rasa daging ikan bandeng yang terkenal enak diolah menggunakan santan kelapa yang dipadukan dengan sangrai biji ketumbar sungguh membuat Sate bandeng semakin gurih dan bisa dinikmati dengan aman karena durinya sudah dipisah. Panganan layak menjadi pilihan untuk memulai bisnis kuliner di Banten. (penamas)

Click To Comments