Pemkot Tangsel Buka Informasi soal Jalan dari Aplikasi SIMANJA

Tangsel,PenaMerdeka – Pemkot Tangsel melakukan gebrakan soal informasi jalan dan jembatan. Cara akses informasi tersebut bisa diakses melalui aplikasi sistem informasi manajemen jalan dan jembatan atau aplikasi  SIMANJA.

Aplikasi itu bermanfaat sebagai wadah keluhan masyarakat. Dimana apabila ada jalan yang rusak bisa langsung diadukan untuk kemudian bisa ditanggapi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel Retno Prawati mengatakan, layanan pengaduan yang bisa diakses melalui Google Playstore dengan nama aplikasi SIMANJA dapat dimanfaatkan lewat smartphone berbasis Android yang bisa diunduh lewat Google Playstore.

Melalui aplikasi yang meraih urutan dua dalam Pameran dan Lomba Inovasi Proyek Perubahan yang digelar Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Banten, ini masyarakat bisa melakukan pengaduan atau mengusulkan perbaikan jalan, jembatan maupun drainase.

Dijelaskan, ada tiga jalur Layanan Pengaduan yang bisa dipilih masyarakat. Pertama melaluiSMS (short message service), lalu melalui telepon di hotline 758 75438. Satu jalur pengaduan lain, yakni melalui surat elektronik atau e-mail.

Dalam aplikasi dengan judul SIMANJA Kota Tangsel itu, masyarakat juga bisa mencari informasi soal jalan, seperti nama jalan, panjang jalan dan kondisi jalan serta beragam informasi lain.

”Kami terus optimalkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui Layanan Pengaduan yang bisa diakses melalui Android. Harapannya, lewat aplikasi ini mampu menjadi sumber informasi bagi yang membutuhkan,” katanya, Rabu (11/1).

Sementara itu, sejumlah warga merasa terbantu dengan keberadaan aplikasi SIMANJA. Salah satunya, Yudi, warga Ciputat yang sedang perbaikan jalan bisa direspons secara cepat.

”Lewat aplikasi ini kita bisa cepat melaporkan bila ada keluhan. Terutama menyangkut perbaikan jalan dan sebagainya. Kami sangat menikmati pembangunan jalan ini,” katanya.

Ketua RT 005 RW 004 Kelurahan Sawah Sofyan, menyampaikan apresiasi atas realisasi pembangunan sarana jalan lingkungan yang sudah lama diidamkan masyarakat. Ia mengaku, usulan perbaikan jalan lingkungan tersebut dilakukan melalui layanan pengaduan yang dimiliki Pemkot Tangsel.

”Saat jalan di kampung saya rusak, langsung akses aplikasi SIMANJA ini. Alhamdulillah responsnya cepat,” ujarnya. (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan