Presiden Jokowi Buka KTT IORA

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017. KTT IORA yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) dihadiri 15 Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.

Petinggi Negara tersebut diantaraya Presiden, Perdana Menteri, Wakil Prsiden, dan Wakil Perdana Menteri dari 21 negara anggota IORA 7 mitra wicara IORA, serta sejumlah organisasi internasional dan negara tamu yang memiliki ikatan kuat dengan Samudra Hindia, Selasa, (7/3).

Dalam sambutan KTT IORA tersebut Presiden Jokowi sempat menceritakan jika beliau pernah mengenyam di dunia usaha selama lebih dari 12 tahun dan ingin memperkuat poros maritim untuk dihubungkan dengan IORA.

“Saya, sebelum berada di dunia politik, sempat berada di bidang usaha selama 12 tahun lebih. Saya ingin memperkuat poros maritim untuk di-link-kan dengan IORA,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Presiden juga berharap masalah-masalah yang akan dibahas dalam pertemuan ini harus dapat memperoleh solusi terbaik dan saling menguntungkan bagi semua negara peserta KTT ini.

“Menjadi tugas pemerintah supaya infrastruktur terjaring dengan baik. Untuk itu, saya berharap dari pertemuan KTT IORA ini akan menemukan solusinya,” ujar Jokowi.

Pada KTT tahun ini mengangkat tema Memperkuat Kerja Sama Maritim untuk Samudra Hindia yang Damai, Stabil, dan Makmur. KTT  tersebut merupakan pertemuan IORA tingkat Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan yang pertama kalinya sejak IORA didirikan 20 tahun silam.

Menurut Joko Widodo di Indonesia, kami percaya Samudra Hindia saat ini sedang berkembang menjadi salah satu poros kunci di dalam perhelatan dunia. Selama ratusan tahun, Samudera Atlantik yang mendominasi perhelatan dunia.

“Kawasan IORA mempunyai tapak raksasa. Sebuah kawasan yang sekaligus kaya, tapi juga masih adanya kantong-kantong kemiskinan. Sebuah kawasan yang kaya dengan tradisi tapi harus kita akui memerlukan modernisasi di banyak aspek,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara pembuakaan KTT IORA ke-20, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan beberapa Menteri Kabinet Kerja lainya serta Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (seli)

Disarankan
Click To Comments