Buku Praktik Usaid Prioritas Disebut Cocok untuk Perkuliahan dan Guru

JAKARTA,PenaMerdeka – USAID melalui program Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS), baru saja menerbitkan buku praktik. Dalam keterangan rilisnya buku praktik Usaid Prioritas yang dikeluarkan dikabarkan baik untuk perkuliahan dan integrasi Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK)-Sekolah.

Buku ini berisi pengalaman para dosen dan guru sekolah mitra LPTK dalam meningkatkan kualitas guru dan calon guru hasil kerja sama dengan program USAID PRIORITAS sejak tahun 2013.

“Kita berharap buku praktik ini bisa menginspirasi para dosen dan mahasiswa calon guru, diadopsi dan dikembangkan lebih jauh,” ujar Jamaruddin, Provincial Coordinator Usaid Prioritas Sulsel, Rabu (8/3).

Buku praktik Usaid Prioritas setebal 180 halaman itu kata Jamaruddin menyajikan tiga topik utama terkait praktik-praktik yang baik dalam penyiapan calon guru dan pendampingan guru. Pertama tentang perkuliahan yang dilaksanakan para dosen LPTK dengan pendekatan pembelajaran aktif.

Ujar Jamaruddin melanjutkan, buku praktik Usaid Prioritas mengupas berbagai contoh nyata pelaksanaan pembelajaran aktif di ruang kelas dan dampaknya.

Kedua mengupas integrasi LPTK-Sekolah yang memperlihatkan kerja sama antara dosen dan guru dalam melaksanakan penelitian bersama dan pendampingan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang dijadikan tempat praktik mengajar mahasiswa.

Kalau mahasiswa praktik mengajar di sekolah yang baik, tentu diharapkan mendapatkan pengalaman yang baik pula dalam mengajar.

Ketiga, mengulas inisiatif-inisiatif praktik yang baik dari LPTK, seperti membuat mata kuliah literasi dan manajemen berbasis sekolah (MBS) sebagai mata kuliah baru untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan membuat program yang mendekatkan mahasiswa dengan sekolah sejak semester awal.

“Biasanya, mahasiswa mulai diperkenalkan sekolah pada semester 5 atau 6. Masih banyak lagi praktik-praktik baik yang diceritakan dalam buku itu,” kata Jamaruddin.

Buku praktik Usaid Prioritas sudah dibagikan ke para dosen mitra yang ada di 49 LPTK yang tersebar di delapan provinsi, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Buku ini juga dapat diunduh melalui website www.prioritaspendidikan.org. (deden)

Click To Comments