Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Kemenristekdikti Sebut UIN Syarif Hidayatullah Bakal Menjadi Badan Hukum

0 162

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) serta Kementerian Agama mensosialisasikan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah menjadi badan hukum.

Nantinya badan ini mengatur seluruh birokrasi di universitas tersebut. Mulai dari biaya sampai kegiatan perkuliahan nantinya akan dikendalikan oleh pihak internal universitas.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim mengatakan, tidak semua perguruan tinggi negeri direkomendasikan untuk berbadan hukum.

UIN Syarif Hidayatullah merupakan institut berbasis agama yang masuk badan hukum. Selain Universitas Gadjah Mada, Univeristas Hasanudin serta Universitas Padjadjaran.

Ditambahkannya, UIN Syarif Hidayatullah ini merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang baik.

”Tidak semua PTN menjadi badan hukum. Minimal harus mandiri dalam melakukan kinerjanya, dan UIN merupakan perguruan tinggi yang dapat memenuhi kriteria tersebut,” kata Ainun di sela-sela seminar nasional yang bertema UIN Syarifhidayatullah Menuju Pergurian Tinggi Negeri (PTN)-Badan Hukum(BH) di Auditorium Utama, Selasa (8/2).

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada mengungkapkan kebijakan yang semakin besar membuat instansi tersebut semakin kuat juga. Dimana nantinya akan memberikan otonomi sendiri.

Selain itu perannya terhadap masyarakat juga menjadi bahan perhitungan pemerintah untuk menjadikan sebuah instansi sebagai Badan Hukum.

”UIN punya peran yang baik di masyarakat seperti hasil riset yang dipublikasikan dan dijadikan penelitian lain. Kemudian banyaknya riset internasional yang sudah kami publikasikan,” ujarnya.

Ditambahkannya, jika UIN sudah diresmikan menjadi badan hukum nantinya segala birokrasi akan dikelola secara internal. Selain itu yang kebijakan di dalam universitas akan lebih cepat dan lebih praktis.

”Jadi tidak perlu menunggu hasil keputusan dulu, universitas bisa mengatasinya,” katanya. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...