Malaysia Open SSP, Tunggal Putera Indonesia Sisakan 1 Atlit

SERAWAK,PenaMerdeka – Tunggal putera Indonesia hanya menyisakan 1 orang saja di kejuaraan Malaysia Open SSP 2017, setelah Tommy Sugiarto kalah dari atlit bulutangkis unggulan 5 asal Korea Selatan, Son Wan Ho.

Tommy Sugiarto, dalam pertandingan di Stadium Perpaduan, Kuching, Sarawak, gagal mengimbangi sehingga menyerah dalam dua game langsung dengan angka 15-21, 15-21. Ini merupakan kekalahan keempat Sonny dalam enam pertemuan dengan Son Wan Ho.

Kekalahan ini menyebabkan Indonesia tinggal menyisakan Jonatan Christie di nomor tunggal putera. Jonatan Christie meraih tiket perempat final Malaysia Open Super Series Premier 2017 setelah pertandingan marathon menghadapi atlit bulutangkis Chou Tien Chen (Taiwan).

Ia melaju kebabak selanjutnya setelah dalam tiga game menumbangkan Chou Tien Chen dengan skor akhir 21-23, 21-17, 21-19.

Pertandingan yang berlangsung selama 69 menit itu Jonatan sebetulnya berpeluang untuk menang di game pertama saat ia mampu unggul jauh 19-13 dari pemain Taiwan tersebut.

Meskipun ia tetap jatuh bangun mengumpulkan satu demi satu poin. Usahanya berhasil, Chou tak dapat mengimbangi tunggal putera andalan Indonesia Jonathan.

“Saya merasa terberkati sekali, rasanya tadi saya tidak sekuat itu. Saya bukan Lee Chong Wei yang ketinggalan jauh bisa nyusul. Saya bukan Lin Dan yang ketinggalan 19-20 bisa balikin keadaan. Suatu hari nanti saya berharap seperti mereka, mungkin saja pencapaiannya sama, tetapi karakternya pasti berbeda,” ujar Jonatan Christie.

Kepada wartawan ia mengaku sempat down karena 19-13 dan kesusul. Dia bisa begitu karena dia berani, main di depan net, tembak, begitu terus. Jadi tadi saya mengatasinya dengan lebih berani dari dia. Saya anggap ini laga final, mati-matian saja.

“Ia pemain menyerang dan gayanya sangat istimewa. Saya tonton pertandingannya di final India Open 2017 waktu melawan (Viktor) Axelsen, dan mainnya cepat sekali. Walaupun saya sudah dua kali menang dari dia, namun dari awal saya sudah mewaspadai dia karena grafik penampilannya sedang bagus,” kata Jonatan.

Selanjutnya dalam babak perempat final tunggal putera, Jonatan masih menunggu calon lawannya, antara Lin Dan (Tiongkok), atau Tanongsak Saensomboonsuk (Thailand). (uki)

Click To Comments